27.4 C
Jakarta
Sabtu, Juni 19, 2021
spot_img

Latest Posts

Bupati Kopli Ansori Kunjungi Sebelat Ulu, Tinjau Menuju Desa Wisata

LEBONG, BEO.CO.ID – Bupati Kopli Ansori beserta rombongan kunjungi sekaligus meninjau kesiapan infrastruktur pembangunan menuju desa wisata, di desa Sebelat Ulu, Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu yang merupakan gerbang wisata alam Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS).

Bupati Kopli Ansori beserta istri saat menikmati kuliner makanan tradisional yang telah di setiapkan oleh Pemdes Sebelat Ulu. Dok BEO.CO.ID

Desa Sebelat Ulu akan dipromosikan sebagai desa wisata dan hal itu perlu ada kesiapan mulai dari infrastruktur maupun fasilitas penunjang sebagai target wisata internasional yang background-nya TNKS menjadi daya tarik, untuk ekspos dan dilestarikan. Selain pemanfaatan alam pemerintah desa (Pemdes) saat ini lagi membangun jalan rabat, pendakian Gunung Sebelat dan Glamping untuk wisatawan akan mengunjungi ke desa Sebelat Ulu.
“Desa Sebelat Ulu akan dijadikan desa wisata bertaraf internasional, salah satunya memiliki eksotis alam TNKS menjadi nilai jual. Ya hari ini kita mendatangi untuk melihat kesiapan desa wisata,” ucap Kopli Ansori saat dihadapan yang hadir, (10/6/21).
Program kegiatan menuju desa wisata tidak hanya didukung oleh Pemdes Sebelat Ulu, bahkan OPD teknis termasuk BAPPEDA Kabupaten Lebong serta Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI) pembinaan masyarakat sadari wisata yang memiliki Sebelat Ulu dalam membangun nilai ekonomi masyarakat di desa.
“Persiapan perlu secara matang dan benar-benar harus dipersiapkan keperluan serta kelengkapannya, termasuk kuliner makanan khas daerah, sebelum dilakukan launching. Saya yakin pengembangan Desa Wisata Sebelat Ulu dapat menjadi icon wisata yang layak dijual secara nasional hingga internasional. Sepaket dengan Desa Digital, ini PR yang harus kita siapkan supaya Desa Sebelat Ulu terkoneksi jaringan internet, minimal pembangunan tower mini,” katanya Bupati.
Kepala Desa Sebelat Ulu Ahmad Bukhari dalam keterangannya mengatakan, saat ini lagi membangun infrastruktur pembangunan pendukung menuju desa wisata. Diantaranya, Patung Icon Pendaki, Jalan akses dan lokasi Glamping bagi para wisatawan.
“Selain membangun sarana pendukung, kami juga mulai membangun kesadaran masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik, sebagai persiapan launching Desa Wisata,” singkatnya dikutif PedomanBengkulu.com.
Sementara itu, ASIDEWI salah satu pelopor, pembina dan pengembangan wisata desa menerangkan, desa Sebelat Ulu merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Sebelat dengan ketinggian 1900 mdpl. Dari ASIDEWI ini menggali potensi wisata yang ada disegala macam sudut pandang, mulai dari sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM) atau pun disisi lainnya yang selama ini belum terlihat dan disisi lain.
“Salah satunya wisata minat khusus, pendakian Gunung Sebelat, aktivitas pengamatan burung, kegiatan main air river tubing, arung jeram (rafting) dan bisa menikmati kuliner,” jelas Irul kepada awak media, (10/6/21).
Irul juga menjelaskan, bahwa desa Sebelat Ulu merupakan jalur strategis menuju hutan tropis TNKS yang lebih dekat dan terbaik untuk melintas hutan tropis Sumatera.
“Gunung Sebelat bagian dari TNKS punya magnet yang luar biasa, selama ini belum banyak diketahui orang, ternyata jalur pendakian yang terdekat, terbaik untuk melintasi hutan tropis di Sumatera melalui desa Sebelat Ulu,” tutupnya.
Kegiatan persiapan dan peninjauan desa wisata Sebelat Ulu dihadiri oleh, Ketua TP PKK Lebong Elvi Sukaesih, Asisten I Setda Lebong Jafri, Kabag Keprotokolan Setda Lebong Riki Irawan.

Pewarta : Sbong Keme

Latest Posts

Don't Miss