spot_imgspot_img

Dinkes RL, Syamsir : Merubah Sifat Kobokan Diacara Jenang Kutai Jamuan Adat Rejang

CURUP, BEO.CO.ID – Untuk mendukung kinerja Bupati Rejang Lebong (RL), Provinsi Bengkulu serta mewujudkan visi dan misi Bupati, menjadikan Kota Curup kota bersih dari sampah dan penyakit.
Kepala Dinas Kesehatan (DINKES) Syamsir, melakukan upaya untuk menghimbau kepada masyarakat RL, agar selalu melakukan cuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun, baik di rumah atau pada saat hajatan,terutama jamuan kutei adat Rejang .
Ketika di temui di ruang kerjanya, Selasa (2/03/2021), Syamsir mengatakan, masyarakat RL baik di Kota maupun di Desa, pada umumnya masih banyak yang mengunakan kobokan untuk mencuci tangan. Maka dari itu saya menghimbau kepada masyarakat untuk menggantikan kobokan dengan mencuci tangan dangan sabun dan air yang mengalir.
“Kebiasaan itu harus kita hentikan, karna hal itu dapat menularkan penyakit sperti Diare, bakteri. kita dalam satu hidangan jamuan itu, 2 kobokan untuk 5 s/d 7 orang, secara bergantian baik mau makan atau pun setelah makan kita gunakan kobokan tersebut,” jelasnya.
Tambah dia, untuk saat ini kita sudah melakukan kerja sama dengan BMA untuk mensosialisasikan mengantikan kobokan dengan mencuci tangan dengan sabun dan air yg mengalir.
Di samping itu, Syamsir mengatakan untuk Kabupaten Rejang Lebong, saat ini tingkat penderita penyakit seperti Diare TBC Ispa Menurun Drastis.
“Ya Allhamdulillah kabupaten rejang Lebong saat ini sudah sedikit yang menghidap Penyakit Diare ispa TBC, mungkin di karenakan warga Rejang Lebong, selalu memakai masker, baik keluar rumah atau pun saat berada di tempat-tempat keramaian.
Masih Syamsir, “dinas kesehatan sudah membagikan masker kepada masyarakat dan siswa-siswi pelajar sekolah di Rejang Lebong melalui dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengurangi dampak bencana nasional, penularan virus corona,” demikiannya mengakhiri.

Pewarta : Wika Rifani (Adv)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

0FansSuka
2,983PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Posts