spot_imgspot_img

“Olahraga Tradisional Yang Digemari Semua Kalangan”

P E R P A T R I

(Persatuan Panahan Tradisional Indonesia)

PROPINSI BENGKULU

Poto Bersama Unsur Muspida

KOTA CURUP, BEO.CO.ID –  PERPATRI INDONESIA (Persatuan Panahan Tradisional Indonesia), olahraga yang satu ini sudah mulai dikenal masyarakat Indonesia pada umumnya. Sedangkan dipropinsi Bengkulu, para penggiat olahraga tradisional ini sudah mulai mengenalkan kepada masyarakat umum pada tahun 2017.

Poto bersama Pengurus Pusat

Olahraga panahan tradisional ini tergabung langsung dibawah Bendera Komite Olahraga Tradisional Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan KORMI. Sebenarnya olahraga Panahan/Memanah ini sudah ada pada zaman dahulu, yang merupakan Olahraga Yang paling Digemari Oleh Baginda Rasulullah Muhammad Saw disamping Berkuda dan Berenang. Hal ini disebutkan didalam beberapa Riwayat Hadits.

Pada awalnya, para pecinta olahraga panahan tradisional menyalurkan hobi mereka memanah dilapangan volley Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu yang menjadi tempat latihan, berkumpul dan bersilaturahmi.

Poto bersama Ustad Zulkipli

Inilah awal cikal bakal lahirnya Kepengurusan Perpatri Propinsi Bengkulu yang terbentuk pada tanggal 20 Februari 2018 berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Pusat Persatuan Panahan Tradisional Indonesia Nomor : 03/PP-PERPATRI/SKREV/2019, untuk kesekretariatan beralamatkan di  Jalan Imam Bonjol (Air Sengak ) No. 17 Kelurahan Talang Rimbo Baru Kecamatan Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu.

Sekretariat Perpatri Propinsi Bengkulu tersebut merupakan rumah kediaman Bendahara Perpatri Propinsi Bengkulu yaitu Bapak Mawardi atau yang akrab disapa Gotton (Gotton Reklame).

Poto bersama Dewi Coryati ( Anggota DPR RI Dapil Prop. Bengkulu )

Kepengurusan Perpatri Propinsi Bengkulu diketuai oleh Bapak Mashuri Yanto, saat ditemui diselah latihannya  di Gedung Pb. Alba Rejang Lebong Mashuri Yanto mengatakan bahwa dibeberapa daerah kabupaten/kota di Propinsi Bengkulu saat ini sudah terbentuk kepengurusan daerah (Perpatri) seperti Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Kepahiang, Muko-muko, Kaur, Kota Bengkulu.

Ditempat yang sama, mawardi (Gotton) selaku Bendahara Perpatri Propinsi Bengkulu juga menjelaskan, bahwa dalam waktu dekat ini mereka akan mengukuhkan serta melantik kepengurusan daerah Bengkulu Tengah.

Poto bersama Wabup RL (Hendra Wahyudiansyah) & Drs. H. S Effendi, (Ketua BMA Prop. Bengkulu). DLL

Dalam kurun waktu beberapa tahun ini, antusiasme atau animo masyarakat terhadap olahraga tradisional meningkat pesat hal ini terbukti dengan sudah banyak terbentuknya kepengurusan daerah Perpatri dikabupaten/kota di propinsi Bengkulu ungkap mawardi (Gotton).

Untuk meningkatkan kecintaan olahraga panahan tradisional ini yang merupakan sunnah nabi SAW, Mashuri Yanto (Ketua Perpatri Propinsi Bengkulu) Mengatakan tentu kita para Pengurus Perpatri Propinsi Bengkulu dan Kepengurusan Perpatri Kabupaten/Kota sering menggelar Event-event atau Turnamen panahan lokal maupun Event-event atau turnamen Panahan Regional dan Nasional yang diadakan oleh Club-Club atau Komunitas Pecinta Panahan/Memanah.

Seperti  baru-baru ini yaitu Scobar Series 3 Kopdo Palembang (Sumsel) jarak 40 Meter. Diikuti oleh sebanyak 114 peserta dari propinsi Bengkulu dan Propinsi Sumatera Selatan serta Propinsi Tetangga lainnya. Dimana atlet Panahan kita Perpatri Propinsi Bengkulu mampu bersaing dan sejajar dengan Atlet-Atlet Dari Propinsi lain.

Atlet muda Berbakat kita atas nama Muhammad siraj menduduki no. 12 , Bocah 10 Tahun ini adalah salah satu siswa/murid Sekolah Dasar Islam (SD ITA)  Kota Curup. Usia tidak menghalangi anak belia untuk berprestasi, mengingat lawan tanding yang sudah berumur (Dewasa).

Tempat latihan olahraga panahan tradisional ini sendiri bertempat di lapangan KORAMIL Simpang Nangka Curup, hari Jum’at, Sabtu Pukul 14.00 Wib sampai dengan 17.30 Wib, Minggu mulai dari Pukul 08.00 Wib sampai dengan selesai.

Sedangkan jadwal lainnya di Gedung Pb. Alba SportTalang Benih Curup dari pukul 20.00 Wib sampai dengan selesai. Pengurus Perpatri Propinsi Bengkulu juga mengenalkan Olahraga Panahan Tradisional ini ke beberapa Sekolah Dasar Islam yang Tersebar dikota Curup dan sekitarnya untuk mencari bibit atau calon-calon atlet muda berbakat kedepannya.

Latih Tanding Bersama Rejang Lebong,Muratara,Bengkulu Utara,Kaur,Lubuk Linggau (Gd. Alba RL)

Selain itu juga Mashuri Yanto Mengajak Masyarakat Propinsi Bengkulu barang siapa yang berminat bergabung kami akan selalu membuka diri dan mengajarinya teknik dasar olahraga Panahan Tradisional ini secara Tulus dan Ikhlas baik anak-anak maupun orang dewasa pria dan wanita dari semua kalangan paparnya.  (“Aan”)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

0FansSuka
2,995PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Posts