spot_imgspot_img

Pemprov Bengkulu Dukung Penuh Basarnas Tingkatkan Kapasitas Guna Hadapi Situasi Bencana

BENGKULU, BEO.CO.ID – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau dikenal dengan BASARNAS melaksanakan Latihan Gelar Komunikasi BASARNAS Se-Sumatera Tahun 2021 di Kantor Pencarian dan Pertolongan Bengkulu, Jl. Soeprapto Dalam No. 10 Betungan Kec. Selebar Kota Bengkulu, Selasa (15/6).
Deputi Bidang Sarana dan Prasarana dan Sistem Komunikasi Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Marsekal Muda TNI Suparmono menyampaikan kegiatan ini guna mengecek kesiapan sistem komunikasi yang ada di Basarnas, agar terintegrasikan dengan baik antara pusat hingga daerah, kemudian juga dengan potensi komunikasi yang ada di wilayah kerja.
“Dengan gelar komunikasi ini kita mengetahui persis, peralatan bagus, berfungsi efektif, dan bagaimana profesionalisme awak ketika sedang ada kejadian,” terang Suparmono yang pernah menjabat sebagai Aspotdirga Kasau.
Bengkulu menjadi lokasi pelaksanaan acara karena merupakan daerah zona aman Covid-19, karena kasusnya landai. Di samping itu, kondisi topografi Bengkulu yang memiliki garis pantai yang panjang menjadi pertimbangan kegiatan terlaksana di Bengkulu.
“Dibanding Provinsi lain yang ada di Sumatera, Bengkulu daerah yang aman. Dan Bengkulu terdapat wilayah pantai yang cukup panjang, dari Lampung hingga Sumbar. Tentunya memerlukan komunikasi yang sangat handal, maka ujicoba ini kita laksanakan di Bengkulu,” jelas alumnus Akademi Angkatan Udara (AAU) 1988 ini.
Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengungkapkan kehadiran BASARNAS sungguh dirasakan masyarakat. Apabila terjadi kejadian sekecil apapun BASARNAS selalu hadir memberikan pertolongan dengan pengalaman dan keahliannya.
“Ketika kejadian bencana tentu kita menginginkan kecepatan dan ketepatan dalam mengevakuasi korban, hal ini dimiliki oleh BASARNAS. SDMnya sudah terlatih, terampil dan cekatan menghadapi situasi bencana, dan tentu sudah ditunjang peralatan yang memadai,” ungkap Gubernur.
Tambah Gubernur, pelatihan komunikasi ini menjadi hal yang tidak terpisahkan, dan menjadi kebutuhan bersama dalam rangka menunjang kinerja BASARNAS.
“Kinerja BASARNAS harus cepat dan tepat, oleh sebab itu pelatihan ini sangat diperlukan dan Pemprov mendukung secara penuh. Kemudian masyarakat diberikan pemahaman terhadap potensi kebencanaan, agar selalu waspada jika sewaktu-waktu terjadi bencana,” tutup Gubernur ke-10 provinsi Bengkulu. (ZMS-ZB)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

0FansSuka
2,995PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Posts