spot_imgspot_img

Sejarah Singkat, Klub Basket Ball Golden Star Bengkulu 1973

Sejarah Singkat Berdirinya Klub Golden Star 1973

BENGKULU, Beo.co.id – Berdirinya, Klub Basket Ball Golden Star diawali rasa kecintaan terhadap olahraga basket tahun 70 an, sebelumnya komunitas pembasket di Kota Bengkulu belum ada klub. Maka dirikanlah klub basket ball pertama di Kota Bengkulu oleh bapak Felix Edyanto (Cung Hwa) yang melibatkan Bapak Agustinus (Cung Huk) dan Bapak Irving (wawat) ditahun 1973.

Dengan tujuan sebagai wadah anak muda Kota Bengkulu yang mencintai olahraga basket, besar harapan dapat membina generasi muda untuk mengapai prestasi dikancah lokal maupun ditingkat Nasional.

Prestasi yang diukir oleh Klub Golden Star

Klub Golden Star memiliki sejarah panjang dalam mengukir prestasi baik ditingkat lokal, regional maupun Nasional.

  • Tingkat lokal klub basket Golden Star kejuaraan antar klub di Provinsi Bengkulu.
  • Tingkat Nasional, klub basket Golden Star pernah berpartisipai dalam Kejuaraan antar klub yaitu KOBATAMA (Kompetisi Bola Basket Utama) pada tahun 1988 s/d 1992, dimana saat KOBATAMA telah berubah nama menjadi IBL (Indonesia BasketBall League).
  • Klub basket Golden merupakan Penyuplai Mayorita Atlet PON (Pekan Olahraga Nasional) Kontiingen Bengkulu, dimana lolos PON terakhir diikuti tahun 1996 di Jakarta.

Profil Klub Golden Star

GOLDEN STAR saat mengikuti pertandingan KOBATAMA

Pengurus Golden Star

Salah satu pengagas Golden Star Basket Ball Reborn, Budi Fauzi (Bang BF), dok Golden Star Bengkulu

Latihan gabungan angkatan 80, 90 dan 2000 Golden Star
Sekretariat Golden Star GOR Sawah Lebar Kota Bengkulu

Golden Star Junior

“Rintangan tidak harus menghentikanmu. Jika Anda menabrak tembok, jangan berbalik dan menyerah. Cari tahu bagaimana cara memanjatnya, melewatinya, atau mengatasinya.” – Michael Jordan

“Hanya ada satu hal yang dapat kita kontrol, dan itulah seberapa keras kita bermain.” – Don Meyer


Diungkap salah satu pengagas Golden Star Reborn Basket Ball Bengkulu, Budi Fauzi yang lebih kenal oleh pembasket Bengkulu yaitu bang Budi “BF” mengatakan, kembalinya dibuka Club Golden Star yang cukup lama vakum, kurang lebih 3 atau 4 tahun.

“Dengan tujuan membina tunas muda junior Golden Star yang akan mengukir sejarah kedepan, seperti dulu, bahwa Golden Star cukup dikenal pemain nasional, seperti Ali Budimansyah,” ujar bang Budi kepada Beo.co.id melalui via cellular phone (22/12/2020).

Ia menambahkan, berharap kedepan para penerus Golden Star dari K.U 14 sampai K.U 20 untuk kembalikan masa kejayaan Golden Star dulu.

“Kendati kita masih banyak kekurang dimasa itu, Golden Star cukup repotkan lawan sehingga diakhir pertandingan kita tetap kalah, tapi tidak enteng untuk mereka menang, semoga generasi kita lebih baik depan,” ucapnya sambil tertawa bercanda.

Menurut Muhammad Daulay yang akrab dalam sapannya sehari – hari “Bak” ketika dimintai pesan dan tanggapannya dalam motivasi pemain junior Golden Star, dia mengatakan, mengutama etika (attitude) atau sikap seorang pemain serta karakter, hal itu harus dimiliki oleh junior Golden Star sebagai prinsip pemain basket.

“Kedisplinan berlatih dan tidak malas belajar, semoga menjadi generasi penerus Golden Star yang bisa mengapai cita -citanya, seperti motto Golden Star, bintang emas,” ujar Bak yang merupakan staf kepelatihan.

Selain itu, dia juga mengharapkan kedepan junior Golden Star memiliki mentalitas yang baik dan memiliki kepercaya diri saat bermain.

“Maka itu memulai dari teknik dasar, dilanjut latihan fisik, kekuatan, daya tahan, kelincahan, kecepatan dan latihan strategi baik itu, baru kita cross cek pelanggaran – pertahanannya, 1 bulan sekali,” tuturnya. (***)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

22,764FansSuka
3,041PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Posts