spot_imgspot_img

Serakan Sampah di Danau Picung Mulai Dibersihkan

LEBONG, BEO.CO.ID – Serakan sampah plastik ditepian Danau Picung kabupaten Lebong provinsi Bengkulu mulai dibersihkan oleh pihak pengelola, menyusul adanya teguran dari pemerintah daerah melalui dinas teknis.

“Semalam kami dapat teguran dari dinas pak, jadi pagi – pagi usai sholat subuh kami berdua ini langsung membersihkan sampah yang ada sepanjang tepian danau,“ ujar Carles (29) di bincangi sembari memunguti sampah dan memasukkannya kedalam karung. (20/9)

Menurut dia, penanganan sampah dikawasan danau selama ini selama ini  bisa dikatakan sudah baik. Tapi karena dalam beberapa waktu terakhir ini petugas pengelola sedang dalam keadaan sakit.

“Kebetulan yang mengelola wisata ini ayah kami, tapi karena dia sedang sakit sehingga dalam beberapa hari ini serakan sampah kurang terpantau oleh kami, “ kata dia.

Dia menerangkan, untuk saat ini masalah sampah di wisata danau Picung tengah menjadi persoalan serius. Pasalnya banyak sampah dari desa terdekat yang hanyut terbawa air sehingga mengotori danau.

“Kalau hujan lebat, banyak sampah seperti pampers, botol minuman dan sampah plastik lainnya yang masuk ke dalam danau. Karena saluran drainase dari desa terdekat ini ada yang langsung mengarah ke danau Picung ini,“ terangnya.

Dijelaskannya selama sampah masyarakat yang masuk ke dalam danau itu kerap dibersihkan oleh pengelola, jika musim penghujan sampah – sampah tersebut biasanya dipungut lalu dimasukkan dalam karung dan kemudian di bakar.

“Penanganan sampah di wisata ini masih kami lakukan dengan pola manual, dengan menggunakan perahu bebek kami menyusuri danau ini untuk membersihkan sampah yang mengapung,“ jelasnya.

Masih menurut Carles, dirinya mengharapkan agar pemda Lebong dapat melengkapi armada pengangkut sampah yang khusus ditempatkan di lokasi wisata danau Picung.

“Kalau harapan kami pak, pemerintah bisa menyediakan armada sampah. Seperti motor pengangkut sampah yang bisa menjangkau setiap kawasan danau,“ ucap Carles.

Sementara itu, kepala dinas Pariwisata dan Olahraga ( Parpora ) Ir. Eddy Ramlan, M.Si saat dihubungi  mengucapkan terima kasih kepada rekan –rekan pers yang sudah menyampaikan informasi terkait kondisi tempat terkini  di tempat wisata yang ada di kabupaten Lebong.

“Inilah yang dinamakan sinergitas antara pers dan pemerintah daerah, saya mengucapkan terima kasih atas informasi – informasi yang disampaikan oleh rekan – rekan media di Lebong,“ demikian Eddy Ramlan.

Pewarta : (Zee)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

0FansSuka
2,995PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Posts