spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Perang Hamas Vs Israel Meluas: Ini Profil Milisi Hizbullah yang Pernah Gebuk Israel dari Lebanon

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Mahcmodu Abbas Presiden Palestina dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Dok/Net

PALESTINA MERDEKA, DAMAI HIDUP BERDAMPINGAN

Catatan : DAMAI ITU CINTA YANG AGUNG

Oleh : Gafar Uyub Depati Intan

Pendukung pemimpin Hizbullah Lebanon Sayyed Hassan Nasrallah, membawa bendera saat mereka melakukan konvoi, menandai peringatan penarikan Israel dari Lebanon selatan pada tahun 2000, di desa Houla, dekat perbatasan dengan Israel, Lebanon selatan, 25 Mei 2023. REUTERS/ Aziz Taher.

Perang Hamas vs Israel sudah melebar. Israel dan kelompok bersenjata kuat Lebanon, Hizbullah, saling baku tembak artileri dan roket pada Ahad, 8 Oktober 2023 menyusul serangan paling mematikan dalam beberapa tahun yang dilakukan oleh milisi bersenjata Palestina Hamas terhadap Israel. Dikutif kembali BEO.co.id, (sumber TEMPO.CO). Selasa,10 Oktober 2023 13:38 WIB.

Hizbullah ikut ambil bagian dalam konflik mematikan Hamas vs Israel bukan kali pertama saat ini. Hal itu mengingat Israel dengan kebijakan perluasan pemukiman sepihak ke wilayah Jalur Gaza maupun Tepi Barat jelas-jelas memicu antipati di kawasan Timur Tengah.                       

“Profil Hizbullah”   Dikutip dari Council on Foreign Relations, Hizbullah merupakan partai politik dan kelompok militan Muslim Syiah yang berbasis di Lebanon.

Dengan aparat keamanan, organisasi politik, dan jaringan layanan sosialnya yang luas memperkuat reputasi kelompok ini sebagai negara di dalam negara.

Dikutip dari Britannica, Hizbullah didirikan oleh sekelompok ulama Syiah Lebanon menyusul revolusi Islam di Iran yang mayoritas penduduknya Syiah pada 1979 dan invasi Israel ke Lebanon pada 1982. Hizbullah dengan dibentuk dengan tujuan mengusir Israel dari Lebanon dan mendirikan republik Islam di wilayah tersebut.

Hizbullah bermarkas di wilayah yang didominasi Syiah di Lembah Biqa, Lebanon selatan, dan Beirut selatan. 

Sepanjang tahun 1980-an Hizbullah terlibat dalam serangan terhadap Israel dan berperang dalam perang saudara di Lebanon (1975–1990), berulang kali berselisih dengan Amal.

Ketika itu, Hizbullah diduga terlibat dalam serangan teroris termasuk penculikan dan pemboman mobil, yang sebagian besar ditujukan terhadap warga Barat, namun juga membangun jaringan layanan sosial yang komprehensif bagi para pendukungnya.

Perang saudara berakhir pada 1990, setelah diberlakukannya perjanjian konsosiasional di mana beberapa sekte agama di negara tersebut berbagi kekuasaan. Perjanjian tersebut akan ditegakkan oleh pasukan Suriah, yang terlibat dalam perang saudara di negara tersebut pada 1976. 

Ketika lingkungan politik berubah, ideologi dan retorika Hizbullah pun berubah . Pada 2009, meski terus menyerukan perlawanan terhadap Israel serta dukungan terhadap Iran, manifesto terbarunya membatalkan seruan pembentukan republik Islam di Lebanon dan menegaskan pemerintahan idealnya adalah demokrasi yang mewakili persatuan nasional dan bukan kepentingan sektarian.

Sementara itu, Hizbullah menjadi salah satu dari sedikit kelompok milisi yang tidak dilucuti senjatanya oleh Suriah pada akhir perang saudara.

Ketika Lebanon terpecah menjadi faksi-faksi yang mendukung atau menentang keterlibatan Suriah di negara tersebut, Hizbullah dengan tegas lebih memilih Suriah . 

Kekejaman pasukan tentara Israel, dari tahun 1948 sampai sekarang, sudah melenyapkan ribuan nyawa rakyat Palestina yang tak berdosa.

Yang dibunuh ditanahnya sendiri oleh tentara Zionis Israel. Memang pilihan terbaik Palestina wajib Merdeka, hidup damai dan berdampingan dengan Israel, (kaum Yahudi).

Dan menjalankan syariat Agamanya masing-masing, tanpa harus melukai apa lagi saling membunuh satu sama lainnya.

Betapa canggihnya senjata dimiliki Israel dan tentaranya superkuat didunia, sepanjang digunakan untuk menjajah dan memperluas wilayah negaranya dengan kekerasan, dan menembaki Umat Islam Palestina yang tengah beribadah kepada tuhannya ALLAH SWT, beberapa tahun silam yang disiarkan masyarakat Pers dunis, dikutif dari Aljazira media terkemuka ditimur Tengah itu.

Dan sepanjang Israel, tidak sungguh-sungguh menghentikanya, dan memberikan hak Palestina Merdeka penuh seratus persen, Israel dipastikan mendapat perlawanan keras dari pendukung dan simpatisan Palestina, sedunia.

Palestina, dari ketakutan yang luar biasa takutnya dan menyedihkan perasaan karena harus setiap bulannya melihat kematian dan darah mengalir bagi mereka yang berada ditanahnya sendiri ciptaan Allah SWT (Tuhan). Ia, akan muncul menjadi pemberani dan kuat serta mendapat dukungan dunia, khususnya Negara-negara Islam dan Non Islam.

Jalan terbaik Palestina tetap Merdeka, hidup damai dan berdampingan, soal kepercayaan dan Agama, silakan jalan masing-masing, dengan tetap menghormati dan menghargai sesame umat ciptaan tuhannya. (***).

Penulis/ Editor : Gafar Uyub Depati Intan.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Headlines

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Posts

https://situs-toto.togel.togetherband.org