spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Era Ilmu Pengetahuan: Jangan Lupakan Pahlawan Tanpa Tanda Jasa?

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Foto didalam lingkaran Iskandar usai mengikuti Pelatihan Wartawan BEO.co.id belum lama ini. Dok Beo.co.id/Curup

Oleh: Iskandar, (Wartawan Pemula BEO.co.id)

Dengan meminjam Istilah/ pendapat para Fakar, Filsafat seperti pendapat yang sering dilontarkan Rocky Gerung menjelaskan, ‘’ilmu milik orang yang berfikir’’ maka pendidikan dari anak usia dini (PAUD) harus dinomor satukan untuk memperoleh ilmu pengetahuan, menyongsong hari esok yang panjang dan harapan, tak lepas dari jasa-jasa ‘’para pehlwan tanpa tanda jara’’ (kaum umar bakri), guru yang berjasa dan ditauladani.

Pada hari ini, Rabu tanggal 14 . 6. 2023,SD N No.117 Desa Tanjung Dalam  Kecamatan Curup Selatan, Kabupaten Rejang Lebong, Propinsi Bengkulu. Dilakukan pelepasan murid-murid Kelas 6 (enam) di kembalikan kepada orang tuanya masing-masing lazim disebut perpisahan, setelah enam tahun bertatap muka, bak orang tua, (ayah dan ibu dengan anak-anaknya).

Setelah mengikuti proses Belajar dan Mengajar selama enam tahun lamanya. Hari ini SDN 117 dicatat sejarah, (pelepasan murid) biasa di sebut dengan hari perpisahan.   

Dalam acara perpisahan ini, ada sebelas rangkaian acara yang di laksanakan. Mulai pukul 8.00 WIB sampai selesai.

Banyak cerita dan rasa yang mengharukan, hilangnya rasa marah, dan larut riang gembira dan haru antara murid dan para majelis guru, yang telah mencurahkan tenaga dan fikiran bertahun-tahun memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didiknya, untuk membuka mata lewat ilmu pengetahuan yang diberikan para umar bakri, tanpa mengenal lelah.   

BACA JUGA :  OZZY SS KETUM KWRI : KWRI LAHIR DARI RAHIM REFORMASI INDONESIA

Acara pertama pembukaan hingga selesai. Dan acara ke tiga kata sambutan dari Ibu Kepalah Sekolah, Saudari Tamini SPd MTPd.

Dalam amanat dan pesan-pesannya sungguh mengharukan. Saudari Tamini, singkatnya dipanggil ‘’Saudari’’ Taburlah Ide/ Gagasan, Petiklah Perubahan, dan Raihlah Impian di masa Depan.  

Selebihnya Saudari juga mengucapkan Terimakasi kepada Wali murid dan segenap panitia, atas terselenggaranya acara Perpisahan ini, bersama Komite Sekolah dan tamu undangan.  

Ketika di konfirmasi Wartawan BEO.co.id & BiDiK07 ELANGOPOSISI terkait anggaran yang di gunakan untuk acara, Saudari yang didampingi Ketua Komite Sekolah (KKS) di halaman Sekolah, menjelaskan.

Dana di ambil dari wali murid kelas enam tanpa dipaksakan. Dan di benarkan Ketua Komite Sekolah Paisal Bakri.   

Dalam perpisahan ini, sambutan mewakili dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas Dikbud) Rejang Lebong, diwakili, Emilya S.Sos, MTPd.

Dalam sambutannya menjelaskan program yang dilaksanakan pemerintah anatara lain, a). Program Wajib Belajar, b). Tidak membedakan SD wilayah perkotaan dan Pedesaan.  Ini telah dilakukan sama dalam daerah Kabupaten Rejang Lebong.

Emilya dalam pesan-pesannya menambahkan agar tetap menghormati, ‘’Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.’’

Dimanapun kita berada, karena mengingat ilmu yang sudah mereka ajarkan. Sehingga kita mampu berdiri di depan dan sukses.

BACA JUGA :  OZZY SS KETUM KWRI : KWRI LAHIR DARI RAHIM REFORMASI INDONESIA

Jurnalis BEO.co.id, yang mengikuti dengan cermat dan menyimak pesan-pesan yang disampaikan Kepala Sekolah dan Wakil dari Dinas Dikbud Rejang Lebong, juga merupakan bekal bagi para murid, yang telah mengakhiri masa belajarnya di SDN 117, dan menyongsong hari esok, yang kita belum tahu akan seperti apa?

Kita harus bekerja keras dan tekun belajar, kendati harus berlari di kegelapan, tapi dengan ilmu pengetahuanlah, kegelapan dunia bisa diretas jadi terang benderang.

Semua itu, buah karya para umar bakri dibelahan Nusantara tercinta ini, yang mengabdikan dirinya dalam dunia pendidikan.

Untuk melahirkan generasi yang cerdas, (berilmu) dan berakhlak (berbudi luhur), generasi calon pemimpin masa depan menggantikan kita semua.

Diakhir atau penghujung acara, dimeriahkan dengan Seni tari dan hiburan segara lainnya.

Dan meriahnya acara ini, diselingi Tarian-tarian dan Lagu ‘’HIMNE GURU’’ dan menampilkan berbagai Kreasi tari, sebagai rasa terima kasih murid pada majelis guru, atas pengetahuan yang diperoleh selama enam tahun di SDN 117 Tanjung Dalam. ‘’Jangan lupakan Pahlawan tanpa tanda jasa’’

Dari gurulah lahirnya pemimpin besar dan jenderal hebat dan Jurnalis-jurnalis sejati, tak kenal lelah dalam perjalanannya berkarya, untuk semua. Semoga.  (***).

Laporan : Wartawan Pemula BEO.CO.id, yang dibangun dalam tulisan Opini seputar rublik Pendidikan.

Penulis/ Editor : Gafar Uyub Depati Intan.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Headlines

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Posts

https://situs-toto.togel.togetherband.org