spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jelang Ramadhan, Pemdes Lebong Tambang Bagikan BLT – DD Tahap I

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

LEBONG, BEO.CO.ID – Jelang Ramadhan, Pemerintah Desa (Pemdes) Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT – DD) tahap I tahun anggaran 2024.  Penyaluran bantuan tersebut dilaksanakan  dibalai desa setempat pada Jumat, (8/3/2024).

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan langsung Pejabat sementara Kepala Desa (Pjs – Kades) Lebong Tambang Anwar Musadat, dihadiri Camat Lebong Utara Marhama, Sekcam, BPD, Pendamping Desa, Aparatur Desa Lebong Tambang, Babinsa, Babhinkamtibmas  dan penerima  BLT – DD.

Dalam kesempatan  tersebut Anwar menyampaikan, BLT-DD tahap pertama ini disalurkan untuk 2 bulan sekaligus yakni periode bulan Januari dan Februari. Setiap  Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima total  Rp. 600 ribu.

“Kami berharap BLT – DD yang diberikan ini bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari, apalagi tidak lama lagi kita akan memasuki bulan puasa ramadhan. Kami harap bantuan yang diterima oleh KPM dapat digunakan dengan bijak,” ujar Anwar Musadat disela kegiatan penyaluran BLT- DD.

Diterangkan Anwar Musadat, berdasarkan Peraturan Kepala Desa Lebong Tambang (Perkades) Nomor 1 tahun 2024 tentang Penetapan Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai  Desa Lebong Tambang Tahun Anggaran 2024 terdapat sebanyak 42 KPM. Jumlah  tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2023 lalu.

“Kalau dibanding tahun sebelumnya, jumlah KPM BLT – DD tahun  2024 mengalami penurunan  yakni dari total 72 KPM pada tahun 2023 menjadi 42 KPM ditahun 2024,” terang Anwar.

Dia mengatakan, penetapan KPM BLT – DD tersebut telah didasarkan pada Peraturan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi ( Permendes – PDTT ) Nomor 7 Tahun 2023 tentang Rincian Prioritas Penggunaan Dana Desa, kemudian Permendes Nomor 13 Tahun  2023 tentang Petunjuk Operasional Atas Fokus Pneggunaan Dana Desa Tahun 2024  dan PMK 145 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

“Jadi berdasarkan regulasi tersebut, pemerintah desa melakukan survei calon KPM BLT – DD sesuai dengan kriteria. Kemudian data – data tersebut dalam kegiatan Musyawarah Desa Khusus ( Musdesus – red ) Finalisasi dan Penetapan KPM BLT- DD Lebong Tambang tahun aggaran 2024 dengan jumlah KPM sebanyak 42  kepala keluarga bersamaan dengan dikeluarkannya regulasi desa melalui Perkades  Lebong Tambang nomor 1 Tahun 2024 tentang penetapan KPM BLT – DD,” kata Anwar Musadat. 

Lebih jauh, BLT – DD ini disalurkan langsung kepada penerima manfaat. Bagi KPM yang tidak sangup untuk datang langsung  ke balai desa  dalam rangka menerima bantuan tersebut maka  BLT tersebut akan diantarkan langsung  oleh perangkat desa kepada KPM BLT – DD.

“Jika ada warga yang tidak sanggup untuk datang ke balai desa  untuk mengambil BLT – DD ini maka kami Pemdes sudah sepakat kalau nantinya bantuan tersebut akan diantarkan langsung kepada KPM BLT – DD.  Karena memang ada beberapa penerima BLT – DD ini diantaranya merupakan lansia”, ungkap Anwar Musadat.

Sementara, Camat Lebong Utara, Marhamah SH., M.Ap menyebutkan, penurunan jumlah KPM – BLT DD tahun anggaran 2024  tersebut merupakan capaian yang menggembirakan. Penurunan jumlah penduduk miskin pedesaan itu mengindikasikan jika berbagai upaya pemerintahan desa melalui  kebijakan diantaranya jaring pengaman sosial mampu menekan angka kemiskinan.

“Salah satu jaring pengaman sosial yang menyentuh langsung ke masyarakat pedesaan adalah BLT – DD,” singkat Marhamah disela pembagian BLT desa Lebong Tambang.

Salah satu  KPM BLT – DD, Yusra, wanita yang sehari – hari bekerja sebagai petani dalam kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih kepada Pemdes Lebong Tambang. Menurutnya,  pembagian BLT – DD merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada warganya dalam rangka pemenuhan kebutuhan sehari – hari.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah karena bantuan yang kami terima ini tentu meringankan beban kami dalam pemenuhan kebutuhan sehari – hari, apalagi jelang ramadhan ini biasanya harga –  harga kebutuhan pokok  mengalami kenaikan,” ucapnya. ( Zee )

Kisah Singkat Jurnalis Gudi Podcast Kemenag Rejang Lebong

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Headlines

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Posts

https://situs-toto.togel.togetherband.org