spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

MASJID AL-AQSHA PALESTINA MILIK UMAT MUSLEM SEDUNIA BUKAN MILIK ISRAEL

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Suasana Gaza yang luluh lantak. AFP/BELA ALSA BBAGH

Wartawan Beo.co.id & BiDiK07 ELANGOPOSISI

Masjid al-Aqsha al-Mubarak di Kota al-Quds, Palestina, merujuk pada seluruh yang ada di dalam tembok-tembok batasnya. Tidak hanya satu atau beberapa bangunan di sana, melainkan semuanya. | DOK MUSLIM HANDS ORG

Masjid Al-Aqsha (Masjidil Aqssa) di Yerussalim Timur Palestina adalah milik umat Islam sedunia, bukan milik bangsa Yahudi Israel dan Zionisnya yang kejam dan biadab dimuka bumi ini. Yerussalem kiblat pertama Umat Islam sedunia sebelum Makkah Al Mukaramah.

Ini fakta yang tak perlu diragukan lagi. Di Masjid Al-Aqssalah Nabi Muhammad SAW, diperjalankan dari Makkah ke Yerussalem Palestina.

Soal keberadaan Masjidil Aqssa (Masjid Al-AQssa di Yerusalem Timur Palestina dalam satu malam oleh Allah SWT, yang maha segalanya, “pencipta langit, bumi, memelihara dengan segala isinya” milik dan kekusaan Allah, bukan siapa-siapa selain dari padanya.

Penulis Opini ini, sebagai penganut Islam, merangkum tulisan ini dari berbagai sumber dari para ahli tentang Islam dengan Kitab Sucinya Al-Qur’an, tidak ada yang lain.

Maka Israel dengan kaum Yahudi dan Zionisnya, tidak dibenarkan menguasai Masjid Al-Aqssa, apa lagi menyatakan kepemilikannya. Bangsa Israel, tidak punya sekeping tanah dibumi Palestina.

Pemilik Masjid Al-AQssa, hanya kaum (Umat) Muslem sedunia yang berkiblat pertama kali ke Al-Aqssa di Yerussalem Palestina.

Dimana Nabi Muhammad SAW, diperjalankan oleh Allah, dalam Isra Miraj sebuah perjalanan spiritual yang dialami Rasulullah, di mana Isra adalah ketika Nabi diberangkatkan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dalam satu malam, sedangkan Miraj adalah lanjutan perjalanan Nabi dari Masjidil Aqsa naik menuju langit ketujuh untuk menerima perintah sholat lima waktu.

Kisah Peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, juga diceritakan beberapa tokoh Islam, mulai dari Uzstad/ Usztazah, para Imam antara lain HRS (Habib Rizieg Shibab), dan sejumlah tokoh besar Nahdahtul Umala dan Muhammadiyah Indonesia, serta para guru di sekolah-sekolah umum dan sekolah Agama di Indonesia.

Isra Miraj yang diperingati setiap 27 Rajab merupakan salah satu peristiwa penting dalam perjalanan keislaman Nabi Muhammad SAW.

Perjalanan ini menjadi peristiwa penting bagi Nabi Muhammad karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah untuk menjalankan shalat lima waktu dari Allah SWT.

Peristiwa Isra : Peristiwa Isra Miraj merupakan perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW yaitu dilakukannya perjalanan dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem hingga naik ke langit ke tujuh atau Sidratul Muntaha.

Peristiwa Isra Miraj terjadi setelah meninggalnya paman Nabi Muhammad, Abi Thalib dan Istrinya, Siti Khadijah.

Dalam bahasa arab, Isra berarti perjalanan di malam hari, sedangkan Miraj , artinya kenaikan.

Dalam perjalanannya, Nabi Muhammad mengendarai kendaraan superkilat hewan Buraq yang digambarkan sebagai kuda putih dengan sayap dan ekor seperti burung merak.

Jarak Mekkah dan Yerussalem pada saat itu umumnya ditempuh menggunakan kuda atau Unta selama satu bulan, namun Nabi Muhammad SAW melakukannya dalam semalam.

Di Masjid Al Aqsa diceritakan, Nabi Muhammad memimpin sholat nabi – nabi terdahulu sholat dua rakaat.

Peristiwa Miraj. Peristiwa Miraj dilaksanakan Nabi Muhammad dari Masjid Al Aqsa naik ke langit ketujuh atau Sidratul Muntaha.

Dalam perjalannnya, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan nabi – nabi terdahulu pada setiap tingkatan yakni :

  • Nabi Adam di langit pertama
  • Nabi Isa dan Yahya di langit kedua
  • Nabi Yusuf di langit ketiga Nabi Idris di langit keempat
  • Nabi Harun di langit kelima
  • Nabi Musa di langit keenam
  • Nabi Ibrahim di langit ketujuh

Diriwayatkan pada awalnya, Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk sholat 50 waktu dalam sehari.

Nabi Muhammad pernah diingatkan Nabi Musa bahwa jumlah tersebut terlalu besar sehingga disarankan untuk meminta keringanan.

Sesampainya di Sidratul Muntaha, Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah sholat lima waktu.

Peristiwa Isra Miraj menjadi penting dalam perjalanan ke Islaman.

Sejak peristiwa Isra Miraj ini, umat islam diwajibkan sholat lima waktu dalam sehari semalam.

Diperjelas:  Pengurus Besar Nahdhatul Ulma (PBNU) Indonesia, telah melakukan peringatan pada Israel. Dimana PBNU Kecam Israel Tutup Akses Masjid Al-Aqsa: Itu Milik  Umat Islam Sedunia! Dengan kata lain, “bukan milik Israel” sebagaimana ditulis Isal Mawardi Jurnalist senior, dari DETIKNEWS, Kamis, 26 Oktober 2023, dikutif kembali.

Berikut petikan penting dari penjelasan PBNU Indonesia, “Ketua Ikatan Gus-gus Indonesia (IGGI) Ahmad Fahrur Rozi Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ahmad Fahrur Rozi atau Gus Fahrur”

Masjid Al-Aqsa ditutup oleh Israel sehingga umat muslim tidak bisa masuk ke kompleks suci tersebut. Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ahmad Fahrur Rozi atau Gus Fahrur menegaskan hal tersebut bentuk pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

PBNU menuturkan perbuatan Israel adalah wujud pelanggaran hukum internasional.  Dia menegaskan Masjid Al-Aqsa adalah milik umat Islam sedunia.

“Itu jelas melanggar hukum internasional dan HAM (Hak Asasi Manusia). Masjidil Aqsa adalah milik umat Islam sedunia. Israel adalah penjajah bangsa Palestina,” ujar Fahrur kepada wartawan, Rabu (25/10/2023).

“(PBNU) menyerukan kepada dunia internasional untuk bersama menekan Israel agar menghentikan pembunuhan sistematis terhadap rakyat yang tidak berdosa,” lanjutnya.

PBNU mendukung penuh upaya pemerintah RI untuk melakukan lobi tingkat tinggi di dewan keamanan PBB, untuk tetap menolak segala bentuk penjajahan di muka bumi. Israel Tutup Akses Al-Aqsa

BACA JUGA :  DUGAAN “KORUPSI RP 3,1 M DANA KONI KERINCI” SIAPA PELAKUNYA?

Seperti dilaporkan kantor berita Palestina, WAFA dan dilansir Al Arabiya, Rabu (25/10/2023), Wakaf Islam, organisasi Islam yang ditunjuk Yordania untuk mengelola kompleks suci itu, mengatakan bahwa Kepolisian Israel secara tiba-tiba menutup semua gerbang menuju kompleks suci itu dan melarang umat Muslim masuk, namun mengizinkan umat Yahudi untuk berdoa di sana.

Laporan WAFA menyebut langkah terbaru Kepolisian Israel itu jelas melanggar status quo yang selama ini berlaku untuk kompleks Masjid Al-Aqsa.

Berdasarkan status quo yang mengatur kompleks suci tersebut, warga non-Muslim bisa berkunjung ke kompleks Masjid Al-Aqsa, namun hanya warga Muslim yang boleh beribadah di sana.

Beberapa pengunjung Yahudi sering nekad berdoa di sana meskipun ada larangan yang berlaku.

Salah satu ibadah wajib bagi umat Islam adalah sholat. Sholat juga kerap disebut sebagai tiang agama. Berapa kali sholat yang dilakukan dalam sehari semalam?

Perintah sholat termaktub dalam beberapa surat di Al Quran surat Al Isra ayat 78 sebagai berikut:
أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ لِدُلُوكِ ٱلشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ ٱلَّيْلِ وَقُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا


Artinya: “Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al Isra: 78)

Perintah ini juga tertuang jelas dalam QS. Al Baqarah ayat 43. Allah SWT berfirman sebagai berikut:

وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرْكَعُوا۟ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ

Artinya: “Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku'” (QS. Al Baqarah: 43).  Baca juga: Rukun Sholat Dilengkapi Bacaan dan Penjelasannya

Dikutip dari buku Panduan Sholat Rosulullah 1 oleh Imam Abu Wafa, menurut bahasa Sholat adalah az-zikr yang artinya mengingat. Adapun menurut istilah, pengertian sholat ini telah dijelaskan oleh para ulama mazhab.

Di antaranya ulama Syafi’iyah yang mengatakan bahwa sholat merupakan perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam.

Selain itu, ulama Hanafiyah menjelaskan sholat sebagai rukun-rukun tertentu dan zikir-zikir yang diketahui dengan syarat tertentu pada waktu-waktu yang ditentukan.

Adapun ulama Hanabilah (Hambali) sebagaimana tercantum dalam Bada’ius Shana’i, sholat didefinisikan sebagai perkataan dan perbuatan yang dikhususkan dengan takbir dan diakhiri dengan salam.

Sesuai syariat, gerakan dan tata sholat mengikuti apa yang dilakukan oleh Rasulullah.

Perintah ini disebutkan dalam hadits riwayat Bukhari dan Ad-Darimi sebagai berikut:

صَلُّوا كَمَا رَأَيتُمُنِي أُصَلِي

Artinya: “Sholatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku sholat.” (HR. Bukhari, 631 dan ad-Darimi, 1288)
Sejarah sholat wajib 5 waktu sehari semalam.

Sebab turunnya kewajiban sholat ini bermula ketika nabi Muhammad SAW melakukan Isra Mi’raj, sebuah perjalanan suci sehari semalam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dilanjutkan menuju Sidratul Muntaha.

Perjalanan ini diceritakan dalam Al Quran pada surat Al Isra ayat 1. سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ.

Artinya: “Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.” (QS. Al Isra: 1)

Perjalanan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Isra Mi’raj terjadi pada malam 27 Rajab di tahun ke-8 kenabian nabi Muhammad SAW. Beliau kemudian menerima perintah untuk mengerjakan sholat wajib 5 kali dalam sehari semalam atau sebanyak 17 rakat.

Sebelumnya, dikisahkan bahwa Rasulullah sempat diperintahkan untuk mengerjakan sholat sebanyak 50 sholat dalam sehari semalam.

Dalam perjalannya menuju Sidratul Muntaha, Rasulullah bertemu dengan beberapa nabi. Antara lain nabi Adam AS di langit pertama, nabi Isa AS dan nabi Yahya AS di langit kedua, nabi Yusuf AS di langit ketiga, nabi Idris AS di langit keempat, nabi Harun AS di langit kelima, nabi Musa AS di langit keenam, dan nabi Ibrahim AS di langit ketujuh.

Setelah bertemu dan berdialog dengan para nabi di setiap lapisan langitnya, akhirnya Allah SWT memberikan keringanan sholat menjadi 5 sholat sehari semalam. Peristiwa ini dijelaskan dalam hadits shahih Bukhari dan Muslim sebagai berikut:

فَرَّضَ اللهُ على أُمَّتِى لَيْلَةَ الإِسْرَاءِ خَمْسِيْنَ صَلاَةً فَلَمْ أَزَلْ أُرَاجِعُهُ وأَسْأَلهُُ ُالتَّخْفِيْفَ حَتّى   

جَعَلَهَا خَمْسًا فِىْ كُلِّ يَوْمٍ ولَيْلَةٍ 

Artinya: “”Allah SWT pada malam Isra’ mewajibkan atas umatku lima puluh sholat, kemudian aku terus-menerus kembali kepada Allah SWT dan memohon keringan sehingga Allah SWT menjadikannya menjadi lima sholat sehari semalam.” (HR. Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA :  DUGAAN “KORUPSI RP 3,1 M DANA KONI KERINCI” SIAPA PELAKUNYA?

Di samping sholat wajib, umat Islam juga dianjurkan untuk melakukan sholat sunnah, seperti tahajud, dhuha, dan sholat lainnya.

Dalam QS. Al Isra ayat 78, Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk mendirikan sholat tahajud sebagai ibadah tambahan.
وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا 

Artinya: “Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra: 78).

Sholat sunnah memiliki banyak keutamaan, seperti menutupi kekurangan dalam sholat fardhu hingga diangkat derajatnya di sisi Allah SWT.

Dan dari Masjidil Aqsa, Nabi Muhammad, meneruskan ira dan mirajnya kelangit yang ketujuh menerima perintah Sholat lima waktu dalam sehari semalam.

Masjid Al-AQSSA, saksi bisu perjalanan Isra dan Miraj, Nabi Muhammad SAW, menerima perintah Sholat dari Tuhan Allah SWT.

Kaum Yahudi Israel dan Zionisnya sudah lebih kurang 100 tahun berada di Palestina, sejak dibantu Inggeris 1917 sampai didirikannya Negara Palestina dengan dukungan Inggeris, Amerika, 1948 sampai sekarang dibawah kendali kejam Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Israel dengan cara kejam dan keji memperluas wilayah kependudukan (menjajah) dengan cara kekerasan dan biadab, membunuh ratusan ribu jiwa orang tak berdosa, sejak tahun 1948 – 2023, setiap vace perdana menteri berkuasa melakukan tindak kekerasan terhadap rakyat Palestina.

Delakangan ini sejak perang tahun 2008, 2011, 2014, 2019, 2021 dan 2023, 7 Oktober 2023 Hamas mendahulu menyerang Israel yang terkenal serba hebat dan canggih didunia.

Babak belur diserang Hamas dan Koalisinya, Hizbullah (Lebanon) dan Hauthi dari Yaman. Dari serangan serentak Hamas dari darat, udara dan laut, 1.400 korban jiwa dan 240 berhasil di Sandra Hamas warga Israel termasuk jenderal tentara Israel. Berdasarkan kesepakatan Gencatan Senjta, Hamas telah membebaskan tawanan Warga Israel dan Asing.

Demikian juga Israel membebaskan masyarakat Palestina yang ditahan dalam penjara Israel yang sudah bertahun-tahun, pada umumnya anak-anak (generasi muda) Palestina.

Dan sejak, 8 Oktober 2023, Israel membombardir masyarakat Sipil di Gaza, Yerusallem Timur, Tepi Barat, dengan alasan untuk menghancurkan Hamas.

Korbannya, sekitar 3000 perempuan, 6000 ribu anak-anak selebihnya orang dewasa, lanjut usia dan sebagian kecil militant Hamas, total korban tewas tembus 15.000 orang lebih dipihak Palestina.

Masyarakat Islam dunia dan Non Muslim mengutuk tindakan Israel, yang membabi buta menyerang rumah sakit, perumahan penduduk, perkantoran, membunuh kaum perempuan dan anak-anak.

Menurut Palestinian Central Bureau of Statistics (PCBS), sampai hari ke-52 perang, yakni 27 November 2023, jumlah total korban jiwa Palestina mencapai 15.093 orang. Rinciannya, korban jiwa di Jalur Gaza 14.854 orang dan di Tepi Barat 239 orang.

Jumlah total korban jiwa Palestina dalam perang ini sudah 11 kali lipat lebih banyak dari korban jiwa Israel.

Menurut data yang dihimpun United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (OCHA), jumlah total korban jiwa Israel sekitar 1.275 orang.

Israel dan Hamas sudah menyepakati gencatan senjata sementara atau jeda perang selama 4 hari, yakni Jumat-Senin tanggal 24-27 November 2023, dengan syarat pembebasan sandera.

Menurut OCHA, selama jeda tersebut pasukan Israel telah membebaskan 150 warga Palestina yang mereka penjara, dan Hamas membebaskan 51 warga Israel yang mereka tawan.

Namun, menurut pemberitaan Al Jazeera, dalam jeda perang ini masih ada pembunuhan terhadap warga Palestina.

“Pasukan Israel telah menembak mati 5 warga Palestina di Kota Jenin (Tepi Barat) pada Sabtu dan Minggu, serta membunuh 3 orang di wilayah Tepi Barat lainnya,” kata Al Jazeera, Minggu (26/11/2023). Dikutif kembali.

“Pasukan Israel menyerbu Kota Jenin (Tepi Barat) dari berbagai arah, menembakkan peluru, serta mengepung rumah sakit pemerintah dan markas besar organisasi kemanusiaan Red Crescent Society,” lanjutnya.

Al Jazeera menyatakan saat ini ada rencana perpanjangan jeda perang sampai 29 November 2023.

Namun, sebelumnya pemerintah Israel telah memastikan perang akan terus berlanjut.

“Setelah jeda pendek ini berakhir, operasi militer akan berlanjut setidaknya selama dua bulan,” kata Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant, diberitakan The Times of Israel, Rabu (23/11/2023).

Kepala Staf Militer Israel Herzi Halevi menyampaikan hal serupa.

“Kami tidak mengakhiri perang. Kami akan terus melanjutkan perang sampai kami menang, dan melanjutkan serangan ke wilayah Hamas,” ujarnya.

Karena Israel melalui Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah menyatakan akan terus menyerang Hamas di Jalur Gaza, maka jawabannya dilawan habis-habisan, dan umat Islam dunia harus bersatu mendukung Hamas, dan jika perlu menyatakan perang terhadap Israel.

Israel, yang tidak mau genjatan senjata total dihentikan. Dan wajib bagi umat Islam sedunia menyelematkan Masjid Al-Aqsa dan rakyat Palestina, harus Merdeka ditanahnya sendiri. Palestina, Merdeka X 3. (***).

Penulis/Editor : Ketua KWRI Propinsi Bengkulu, Pempred BEO.co.id, Pengamat masalah Kemiskinan Pedesaan, tinggal di Kota Curup-Bengkulu.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Headlines

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Posts

https://situs-toto.togel.togetherband.org