spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mengenal Kerinci Ultah Ke 65?

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kabupaten Kerinci merupakan salah satu Kabupaten dalam daerah Provinsi Jambi. Terletak bagian barat Pulau Sumatera, tepatnya antara ‘04.41 derajat sampai 04.25′ lintang selatan dan 104,08′ sampai 104.40’ bujur timur, berjarak 418 KM dari pusat Kota Jambi.

Tepatnya, 9 Nopember, Kamis perayaan Ulang Tahun (Ultah) ke, 65, 2023 bertempat di RS Ujung Ladang Kantor sementara DPRD Kerinci, berjalan meriah, aman dan nyaman.

Dengan mengusung Tema,”Menapak Ekonomi Kerakyatan, Sumber Daya Manusia (SDM) Yang Unggul, Inovatif  Kerinci Lebih Baik Berkeadilan”

Sekwan DPRD Kerinci, Jondri Ali beserta istri paripurna HUT Kabupaten Kerinci ke 65. Dok

PJ Bupati Kerinci, Asraf, S.Pt, MSi dalam pidato perdananya dlam Ultah ke 65 Kabupaten Kerinci, mengatakan, “ tanpa kerjasama yang baik, tidak akan berjalan tahap pembangunan dengan baik, secara vilosofis bermakna sebuah peringantan hari ulang tahun (yang diperingati). 

Kita harus lakukan Introspentif , artinya peringatan hari ulang tahun,kita jadikan sarana mawas diri atau introkfeksi diri dengan demikian setiap TKP berjalan, perjalanan kehidupan ini selalu bermakna mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif, dengan tantangan kedepan.

Sejak awal 2008 silam, Kabupaten Kerinci di mekar kan menjadi dua wilayah administratif yang terpisah dengan berdirinya Kota Sungai Penuh, setelah pemekaran.

Luas wilayah Kabupaten kerinci, berkurang menjadi 380.850′ hehtar atau seluas 7.13% dari total wilayah Provinsi jambi.

Secara administratif keseluruhan luas wilayah Kabupaten Kerinci terkelompok ke dalam 16 kecamatan dan 287 desa dengan batas wilayah sebagai berikut.

Sebalah selatan berbatasan dengan Kabupaten Merangin Provinsi Jambi, sebalah utara berbatasan dengan Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera barat dan sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Muara Bungo Jambi, itulah sekilas pandang tentang geografi Kabupaten Kerinci.

Ultah Kerinci ke 65 di hadiri ratusan tamu undangan dari kabupaten tetangga Mukomuko (Bengkulu) kabupaten Merangin, Muaro Jambi dan Kota Madya Pemkot Sungai Penuh dan tamu undangan dari Pemerintah Provinsi Jambi mewakili gubernur dan ibu gubernur.

Namun, tidak nampak kehadiran mantan Bupati Kerinci dua periode Dr H Adirozal, MSi, yang digantikan Asraf selaku PJ Bupati Kerinci, sejak 4 Nopember 2023 lalu.

Ketidak hadiran Adirozal, (mantan, red) upaya dicari tahu oleh para Wartawan, Adirozal “takut” didemo, padahal demo yang akan dilakukan gabungan mahasiswa Kerinci dan Kota bersama masyarakat, batal dilaksanakan.

Tapi, Adirozal juga khawatir hadir ungkap sejumlah sumber kompeten, kepada awak media, dikutif kembali.

Dan Asraf pada bagian lain pidatonya menjelaskan, kita berupaya untuk mengenal masa lalu sebagai sebuah mata rantai, mata rantai sejarah dan masa lalu adalah sejarah, Vondasi yang sangat bernilai, sebagai refrensi menapaki masa kini dan masa depan.

Pj Bupati Kerinci, menjelaskan lebih jauh, crosfektif artinya melalui perayaan hari ulang tahun kita berupaya mendesain atau merancang formula masa depan, berlandaskan realita, dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah masa lalu.

Asraf, menghimbau sebagai masyarakat Kerinci kita wajib bersyukur di hari ulang tahun sebagai sebuah industratif dan motivasi untuk mengisi kembali perjuangan kehidupan daerah ini.

Dengan karya dan prestasi, lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan kedepan, Kerja produktif dan meraih cita-cita harapan masa depan yang jauh lebih baik.

Pada bagian lain Asraf menjelaskan, begitu juga generasi penerus mari kita jadikan sebagai untaian peristiwa penuh makna dan lalu, dari sejarah kehidupan pemerintah Kabupaten Kerinci selama ini.

Kita bisa memetik pelajaran kepemimpinan memiliki warna dan dinamika tersendiri sesuai dengan era dan jamannya.

Asraf juga mengatakan kepada pendahulu dan para pendiri Kabupaten Kerinci dengan hormat kami menyampaikan terimakasih atas pengabdian terbaiknya pada Kabupaten Kerinci yang sama sama kita cintai dan kita banggakan.

Kita harus bersama rasa memiliki terhadap Kabupaten Kerinci hendaklah terpatri dalam dada, tercermin dalam sikap dan mewujudkan lagu dalam diri pribadi.

Masyarakat Kerinci rasa cinta dan bangga terhadap daerah ini harus kembangkan prestasi dalam kerja keras membangkitkan kembali ekonomi masyarakat kerinci, pernah jaya dimasa lampau.

Tidak hanya menjadi retorika belaka tetapi menjadi implementasi dan karya nyata, sepirit inilah dasar kuat untuk memantapkan ekonomi.

Asraf meminta, izikanlah saya menyampaikan hal ini dapat melihat dari bebarapa indikator mikro dari laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kerinci pada tahun 2022 ekonami Kabupaten Kerinci masih tumbuh sebesar 4,41% meningkat dari tahun 2021, 3,83% ini rasio 0,36 tahun 2021.

Dan menurun 0,28 pada tahun 2022 tingkat pengangguran terbuka mengalami peningkatan dari  2, 32 pada tahun 2021 menjadi 2,63 tahun 2022.

Angka kemiskinan prentase penduduk Kabupaten Kerinci magalami penurunan 7,71% pada tahun 2022 dan 2021 menjadi 7,57 untuk 2022 angka tersebut masih berada di bawah angka rata rata nasional sebesar 9,57% dan provinsi jambi 7,26%.

Catatan penting pidato Pj Bupati Kerinci, akan mengaktifkan Bandara Lapter Depati Parbo pada awal 2024 bekerja sama dengan pemkot Sungai Penuh agar memudahkan transportasi kunjungan wisata ke Kerinci.

Juga menjadi sorotan pembagunan SDM lewat Baznas menyisihkan bantuan untuk Palestina perintah presiden.

Catatan lain untuk program Kerinci Cerdas ini catatan untuk MTQ 2024 Kabupaten Kerinci tuan rumah agar di anggarkan oleh DPRD, karena kita selama ini berada pada urutan belakang (buncit) untuk tahun 2024 kata Pj bupati Kabupaten Kerinci harus masuk 5 besar tingkat provinsi Jambi.

Dalam akhir penutupan pidato Pj Bupati Kerinci berharap masukan dari pemerintah provinsi Jambi untuk menatap Kerinci yang lebih mantap (Kerinci lebih baik berkeadilan).

Asraf menghimbau kepada seluruh masyarakat Kerinci di 2024, berlangsungnya pesta demokrasi mari kita bersama ikut mengsukseskannya, karena kita pernah di cap nomor 4 terawan dalam pesta demokrasi di Provinsi Jambi.

Dalam catatan Tim Dewan Rakyat Jalanan, masyarkat Kerinci sama kita ketahui, dari nenek moyang “Suku bangsa Kerinci, abad ke 6 Pemerintahan Kerajaan Sugindo, sangat kompak, mereka sangat hormat pada pemimpin (Tuwo Rajo) sampai termaktup dalam pegang pakai Uhang Kincai (Orang Kerinci), “Raja Alim Raja disembah/ dihormati Raja Zolim raja di lawan”

Kehadiran Asraf, selaku PJ. Bupati Kerinci, sampai terlantiknya Bupati Kerinci terpilih pada Pilkada serentah, 27 Nopember 2024 mendatang, Asraf diharapkan sebagai peletak batu pertama “membangun Kerinci yang bersih, dinamis dan bergerak maju, dengan kompetensi yang sehat, mampu memberikan azasmanfaat sebagai tujuan akhir pembangunan.”

Dan tidak seperti lima belas tahun silam, 2009-2014, 2014-2019 dan 2019-2024, pembangunan Kerinci telah bergerak-gerak, berputar bak pusaran air. Banyak pusarannya dari melaju.

Letakanlah dan ubah pusaran air menjadi lebih cepat, dan jadi pedoman bagi kepemimpin Kerinci 2024-2029, “Kerinciku sayang, jangan sampai jadi Kerinciku malang.” Mundur majunya pembangunan sebuah kabupate, kota dan propinsi, sangat ditentukan kemampuan pemimpinnya, daerah ini mau dibawa kemana? Semoga. (***/mm).

Ditulis Ulang / Editor : Gafar Uyub Depati Intan.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Headlines

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Posts

https://situs-toto.togel.togetherband.org