spot_imgspot_img

Forkopincam Gunung Kerinci Gelar Pembekalan Cakades, Pilkades Damai

LAPORAN : JUGE KARANG SETIO

KERINCI, BEO.CO.ID – Forum Kordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) Gunung Kerinci Kabuapten Kerinci, Provinsi Jambi, Pemerintah turut mengundang seluruh para calon Kepala Desa (Cakades) se-Kecamatan Gunung Kerinci berdasar nomor surat : 141/kep.405/2020 mengelar acara rapat pembekalan calon kepala desa dan mendengarkan arahan proses berjalan Pilkades serentak tahun 2021 dan mengikuti protokol kesehatan.
Diacara tersebut 10 fakta intergritas yang harus disepakati oleh para calon kepala desa yang ikut dalam pemilihan Pilkades tanggal 6 April 2021 mendatang, dibacakan bersama-sama dan ditanda tangani oleh para calon Pilkades menuju “Pilkades damai“.
Camat Gunung Kerinci, Sutan Noerman secara tegas menyampaikan, bermainlah sportif kami tidak merugikan, masalah-masalah karena kami hanya bisa memberikan saran dan petunjuk agar tidak terjadi pelanggaran terhadap Perda (Peraturan Daerah) dan Perbup (Peraturan Bupati).
“Apalagi kami pemerintahan Kecamatan Gunung Kerinci tidak ada anggaran dana untuk Pilkades, jadi kami harap kepada panitia Pilkades untuk bersikap netral dan jangan ada keberpihakan pada salah satu calon kades,” ucapnya dihadapan yang hadir diacara tersebut, (30/3/21) kemarin.
Ia menambahkan, calon kades tidak boleh memakai team staf pemerintah desa yang masih aktif, hal ini menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Sebaliknya calon kepala desa jangan terlalu cepat membentuk staf dan menjanjikan jabatan kepada team sukses.
“Perangkat desa itu sudah ada ditentukan berdasarkan keputusan Pemdes Kabupaten Kerinci hal ini agar tidak menjadi boomerang dikemudian hari,” imbuhnya.
Selain itu dia juga mengingatkan kepada para calon kandidat untuk tidak saling menjelakan dalam keberlangsungan Pilkades yang sedang berjalan dan setelah usai.
“Calon kades yang ikut bertarung harus siap menang dan siap kalah. Tidak hanya menang saja yang dipersiapkan namun kalah juga disiapkan dan hindari menjelakan antar kandidat,” sambungnya mengingatkan untuk menciptakan Pilkades damai.
Sementara itu dalam kata sambutan Kapolsek Gunung Kerinci, Samsiar Tasipora memberi himbauan untuk menyuseskan penyelenggaraan Pilkades wilayah Kecamatan Gunung Kerinci, untuk menciptakan iklim politik yang nyaman, tertib serta aman.
Marilah kita menyukseskan Pilkades di Kecamatan Gunung Kerinci dengan tidak banyak masalah, yakin siapapun yang menang itu adalah pilihan masyarakat dan jangan melakukan suasana yang memancing keributan.
“Pilkades langsung bersentuhan dengan masyarakat bawah mereka saling berkaitan satu sama lain, harapan ini hendaknya kita taati agar terwujud kepentingan masyarakat,” pesannya.
Apalah artinya jabatan seorang Kades bila harus mengorbankan banyak kepentingan masyarakat dan mari kita berkomunikasi dengan baik meskipun di Kecamatan Gunung Kerinci ini ada sebagian desa yang belum terjamah jaringan telepon seluler maka dari itu kata kapolsek mari kita berkerja sama dengan baik demi suksesnya pilkades. Hal serupa juga disampaikan oleh Danramil Gunung Kerinci, yamdrizal dalam kata sambutannya.

Dalam catatan Beo.co.id dari 10 poin fakta intergritas tak satu pun yang mengatakan tolak politik uang ?

Sedangkan politik uang adalah cara yang sangat buruk untuk mencari pemimpin yang baik dan politik uang pun membuat masyarakat sulit memilih kebenaran dalam menentukan figur seorang pemimpin, sedangkan kita semua tahu politik uang membutakan pintu hati rakyat dan hilangnya hati masyarakat dalam menentukan pilihannya, bukankah ini berdampak buruk pada Pilkades yang akan berlangsung. (*)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

0FansSuka
2,983PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Posts