spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KEMANA DPRD KERINCI, KASUS SPAM TAK BERFUNGSI DIDIAMKAN?

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sawah Masyarakat Benik mengalami kekeringan, akibat pemabngunan SPAM. Dok BEO.CO.ID/KERINCI
Pipa SPAM desa Benik tidak terpasang dengan baik. Dok BEO.CO.ID/KERINCI

KERINCI, BEO.CO.ID – Kasus Sistem Pengadaan Air Minum (SPAM), di Kabupaten Kerinci tahun angaran 2021, 10 paket (lokasi) menghabiskan dana anggaran dan belanja Negara (APBN) sebesar Rp.4,8 miliar dari pemerintah pusat sumber dana alokasi khusus (DAK), kasusnya disebagian lokasi gagal total tanpa air tidak bisa dimanfaatkan masyarakat alias mubazir. Dan sebagian airnya naik, tapi kecil tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan penduduk setempat.

Dan sebagian lagi, Pipa dibiarkan telanjang tidak ditanam sebagai pengamanan untuk jangka panjang, agar lebih aman dari kerusakan alami dan ancaman dari tangan jahil. DPRD Kerinci, sebagai wakil rakyat (jelmaan) rakyat Kerinci, justru tinggal diam, lalu kemana…?

Khususnya Komisi 3 bidang pembangunan, dimasa Irwandri dari Partai Gerakkan Indonesia Raya (Gerindra) menjabat Ketua Komisi sampai awal Maret 2022, masih berjalan pengawasannya sampai kunjungan kerja (kunker) komisi yang dipimpinnya saat itu.

Dengan kunjungan kerja kedua lokasi SPAM Tambak Tinggi Kecamatan Depati Tujuh dan Sungai Betung Mudik, Kecamatan Gunung Kerinci, berlangsung 4 Maret 2022, dari 10 lokasi terhenti di Sungai Betung Mudik dan 8 lokasi lainnya yang tingkat kerusakkannya cukup parah belum dichek komisi tiga.

Beberpa waktu lampau telah terjadi rolling tugas dewan, Irwandri digantikan oleh Jumadi Armanto dari PDI-Perjuangan, dan kelanjutan pemeriksaan lapangan oleh komisi tiga dan Dinas PUPR Kerinci, diduga tidak berlanjut, kini SPAM yang terbengkali itu disejumlah lokasi tidak di perbaiki oleh rekanan pemborong (kontraktor)nya. Dan hak mereka sudah dicairkan 100 %, oleh Dinas PUPR Kerinci pada Desember 2021 silam. Tak heran umur bangunan di Kerinci, ada yang tak sampai seumur jagung, dan tidak bermanfaat.

Komisi 3 DPRD Kerinci, bertanggungjawab dalam pengawasan sebagian bagian vital tugas dewan dalam melakukan pengawasan pembangunan dan jalannya pemerintahan di Kabupaten Kerinci. Mungkin Jumadi Arimanto, akan bergerak seperti Irwandri, entahlah hanya dia dan anggota kimisi yang tahu.

Dan yang jelas sejak rolling dilakukan di DPRD Kerinci,  soal SPAM bermasalah, disejumlah lokasi lainnya tak tersentuh pengawasan dewan apa lagi aparat penegak Hukum, hingga Catatan yang terabaikan, tentang SPAM diturunkan, SPAM disejumlah lokasi terbengkalai, seperti di Desa Benik Kecamatan Keliling Danau. Sama sekali tanpa air?.

Desa Sungai Betung Mudik, temuan dewan (komisi tiga) di RT 5 air tidak mengalir kerumah penduduk alias tidak berfungsi dan dilakosai Giri Mulyo, Kecamatan Kayu Aro Barat ratusan meter Pipa dalam keadaan telanjang tanpa ditutup, sangat rentan kerusakkan secara alami apa lagi oleh oknum tangan-tangan jahil.

Demikian juga di Desa Bumbun, Kecamatan Gunung Tujuh dan Desa Pelompek juga dalam wilayah Kecamatan Gunung Tujuh. Kondisi secara fisik yang rusak dan dugaan belum memenuhi volume secara riil, belum diperbaiki rekanan kontraktor.

Berkut rincian daftar paket perusahaan yang mendapat kontrak kerja dan bertanggungjwab, dan pihak-pihat yang terlibat didalamnya.

1.Desa Bumbun Duri, Kecamatan Gunung Tujuh, dengan nilai kontrak Rp. 589.999, 995, 25,- dari Pagu Rp.590.000,000,00,-nama pemenang tender (alamat) KERINCI JAYO Siulak Panjang, Kabupaten Kerinci. Kontraktor:  ADRAMI alias (Cik Ami).

  1. Desa Sungai Betung Mudik Kecamatan Gunung Kerinci, nilai kontrak Rp. 374. 999, 795, 54 dari Pagu Rp. 375.000, 000,00,-nama pemenang tender (alamat) CV. TELAGO INDAH Desa Telagu Indah Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci. Kontraktor: AL FIKRI.
  2. Desa Tambak Tinggi Kecamatan Depati Tujuh, satu-satunya pembangunan SPAM di Kerinci Tengah tahun anggaran 2021, selebihnya di enam kecamatan Kerinci Hulu (mudik). Nilai kontrak Rp.419. 999. 065, 57,- dari Pagu Rp. 420. 000. 000,00,-nama pemenang tender (alamat) CV.CAKRA JAYA SETIA JL.M.H.Thamrin RT 04 Simpang Tiga Rawang. Kontraktor: WAHIDIN.
  3. Peningkatan SPAM jaringan perpipaan Desa Sangir Tengah Kecamatan Kayu Aro, nilai kontrak Rp. 549. 996. 844, 57,- dari Pagu Rp. 550. 000. 000, 00,-nama pemenang tender (alamat) CV. PROSPECT JAYA UTAMA Desa Air Tenang Semurup Kecamatam Air Hangat Kabupaten Kerinci. Kontraktor: DIAN alias (Dian Foto).
  4. Peningkatan SPAM Jaringan perpipaan Desa Pelompek Kecamatan Gunung Tujuh, nilai kontrak Rp. 229. 999. 891, 63- dari Pagu Rp. 230. 000. 000,00,-nama pemenang tender (alamat) CV. DWI KURNIA ILHAM JL. Abadi Perum Amanda 5 RT.09 Kelurahan Kenali Besar Kecamatan Barajo Jambi, Kontraktor: HARDIAN.
  5. Peningkatan SPAM jaringan perpipaan Desa Giri Mulyo Kecamatan Kayu Aro Barat, nilai kontrak Rp. 589. 999. 996, 92. Dari Pagu 590. 000. 000, 00,-nama pemenang tender (alamat) CV. TELAGO INDAH Desa Telago indah Kecamatan Siulak Kerinci Kontraktor: AL FIKRI.
  6. Pengerjaan SPAM, jaringan perpipaan Desa Baru Sungai Betung Mudik, Kecamatan Gunung Kerinci, nilai kontrak Rp.374. 999. 795, 54,- dari Pagu Rp. 375. 000. 000, 00,-nama pemenang tender (alamat) CV. NADILA PUTRI Desa Siulak Panjang Kecamatan Siulak, Kerinci. Kontraktor: GOAN HERMAWAN
  7. Peningkatan SPAM Jaringan perpipaan Desa Koto Baru, Kecamatan Kayu Aro, nilai kontrak Rp. 449. 994. 043, 99- dari Pagu Rp. 450. 000. 000, 00,-nama pemenang tender (alamat) CV. LANANG CITY JL. Raya Simpang tiga Koto Lanang RT.04. Kabupaten Kerinci. Kontraktor: HARDIAN.
  8. Peningkatan SPAM, Desa Bendung Air Timur, Kecamatan Kayu Aro nilai kontrak Rp. 839. 997. 081, 18- (terbesar) dari nilai Pagu Rp.840. 000. 000, 00,-nama pemenang tender (alamat) KERINCI JAYO Siulak Panjang, Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci. Kontraktor: ADRAMI alias (Cik Ami).
  9. Peningkatan SPAM di Desa Benik, Kecamatan Keliling Danau, nilai kontrak Rp. 445. 499. 455, 25,-dari pagu Rp.445.500.000,00,-nama pemenang tender (alamat) CV. LANANG CITY, JL.Raya Simpang Tiga Koto Lanang RT.04, Kabupaten Kerinci. Kontraktor: ANTO.

Dari catatan yang terabaikan, solusi terbaik dari 10 paket yang bermasalah itu harus diselesaikan, agar memeberikan azasmanfaat pada masyarakat setempat sebagai tujuan akhir pembangunan. Guna mendukung KLB Berkeadailan (Kerinci Lebih Baik-Berkeadilan). Harus dievaluasi setiap tahun anggaran, ‘’mana pembangunan Kerinci lebih baik dan mana yang berkeadilan’’ sebagaimana dijanjikan Adirozal, saat kampanye tempo.

Dan KLB Berkeadilan, harus dipertanggungjwabkan pada masyarakat sebagaimana disakralkan dalam visi dan misi Adirozal-Ami Taher, (Bupati dan Wakil Bupati Kerinci) 2019-2024. (***)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Headlines

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Posts

https://situs-toto.togel.togetherband.org