spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Realisasikan Program Ketahanan Pangan, Pemdes Kampung Dalam Salurkan Ribuan Ekor Ayam Siap Konsumsi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

LEBONG, BEO.CO.ID   Pemerintah Desa Kampung Dalam, Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong menyalurkan bantuan ribuan ekor ayam siap konsumsi kepada warga pada Kamis (28/12/2023). Kegiatan tersebut, merupakan bagian dari program ketahanan pangan dan hewani yang telah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2023.

Kepala Desa (Kades) Kampung Dalam, Irwan, menyampaikan, ribuan ayam siap konsumsi tersebut dibagikan kepada seluruh warga penerima manfaat di desa Kampung Dalam. Pembagian ayam siap konsumsi dalam rangka membantu program percepatan penurunan stunting yang sedang digalakkan pemerintah dan saat ini tengah menjadi isu nasional yang perlu dicermati.

“Alhamdulillah hari ini kita dapat merealisasikan program ketahanan pangan dan hewani berupa pembagian ayam siap konsumsi kepada warga desa Kampung Dalam, terutama kepada warga yang kurang mampu,” kata kades Irwan dibincangi disela pembagian ribuan ayam tersebut.

Dia menjelaskan, program kegiatan ketahanan pangan dan hewani bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2023 sesuai dengan yang diamanatkan oleh pemerintah pusat.

BACA JUGA :  Prihatin Soal Jalan Talang Ratu, Mahasiswa Lebong Demo Hingga Disambut Bupati

“Amanat pemerintah, paling sedikit harus menganggarkan 20 persen dari DD untuk program ketahanan pangan dan hewani,” jelas Irwan.

Masih menurut Irwan, program kegiatan ketahanan pangan dan hewani desa Kampung Dalam diawali dengan musyawarah desa tentang penentuan program ketahanan pangan. Dimana berdasarkan musyawarah tersebut masyarakat menyepakati bantuan ketahanan pangan dan hewani adalah berupa program bantuan ayam siap konsumsi.

“Meski tidak menjadi sebuah solusi secara tuntas, namun program ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk memberikan ketahanan pangan kepada masyarakat,” ujar Irwan.

Disela penyaluran ribuan ayam  tersebut, Irwan berharap  bantuan itu dapat dirasakan manfaatnya. Setidaknya, bantuan yang disalurkan sedikit membantu perekonomian warga. 

“Alhamdulillah, terima kasih atas bantuan yang diberikan. Tentu bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami sekeluarga,” ujar salah satu warga desa Kampung Dalam yang berhasil dibincangi beo.co.id.

Pembagian ribuan ayam siap konsumsi oleh Pemdes Kampung Dalam, dihadiri langsung Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat, Ferdi Herdial. Dalam kesempatan tersebut dia mengemukakan, penyaluran bantuan ayam siap konsumsi ini merupakan salah satu upaya Pemdes dalam rangka menurunkan kerawanan pangan dan gizi akibat kurangnya asupan protein bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat berpendapatan rendah.

BACA JUGA :  Azhari Terus Bergerak, Sambangi Tokoh Masyarakat Topos

“Salah satu sasaran program kegiatan diharapkan dapat membantu program percepatan penurunan stunting yang saat ini menjadi isu nasional. Diharapkan pula bantuan ini dapat memenuhi asupan gizi khususnya bagi warga pra sejahtera,” ucap Ferdi.

Peyaluran bantuan ayam juga dihadiri  kordinator Tenaga Pendamping Profesional (TPP), Agus Julamsyah. Disela kegiatan tersebut Agus menyampaikan jika penguatan ketahanan pangan dan hewani idealnya memang diawali dari kebutuhan masyarakat.

“Tentu semua pihak harus bersinergi dengan baik agar penggunaan DD berjalan dengan efektif,” singkat Agus.

Kegiatan penyaluran bantuan ayam siap konsumsi desa Kampung Dalam, ikut dihadiri Camat Lebong Utara, Marhamah, diwakili staf Kecamatan. Turut hadir dalam penyaluran bantuan Bintara Pembina Desa ( Babinsa ) yang merupakan satuan teritorial Tentara Nasional Indonesia (TNI). Disamping itu kegiatan juga diawasi Bhayangkara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas). ( Zee )

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Headlines

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Posts

https://situs-toto.togel.togetherband.org