spot_imgspot_img

35 Tahun IKABAS Bangun Kebersamaan Mempererat Tali Silaturahmi

BENGKULU, BEO.CO.ID – Dalam rangka mempererat tali silaturahmi sesama anak rantau,  Sabtu pekan lalu (8/1/22). Ikatan Keluarga Bayang dan Sekitarnya (IKABAS) melakukan ke kunjungan kabupaten Rejang Lebong.

Pemandian Suban Air Panas. Dok

Kedatangan rombong disambut lansung oleh beberapa tokoh masyarakat daerah dari Persisir Selatan. Diantaranya, Ujang salah seorang pengusaha telor terbesar di Rejang Lebong merupakan ASN di dinas Perkebunan setempat, Syafrial, S. Pd mantan tenaga pendidik di Kota Curup dan didampingi beberapa orang tokoh asal Kecamatan Bayang.

Syafrial dalam sambutannya, mengucap terima kasih pada Ikabas yang telah melakukan kunjungan ke Kota Curup, diharapkan kunjungan itu akan mempererat hubungan sesama anak rantau.

“Supaya kedepan hubungan ini dapat menjadi tali pengikat silaturahmi kedepannya,” pintas lelaki berbadan subur itu.

Kedatangan anggota dan pengurus Ikabas yang dampingi para ninik mamak Ikabas yakni, H. M. Saris Zen, Amir Syarif, Maikadril, Marawandi dan di komandoi lansung oleh Ketua Ikabas Kota Bengkulu, H. Zainuri Sawal, SH yang diikuti sekitar 150 orang menggunakan kendaraan pribadi sebanyak kurang 30 mobil serta pengawalan Polantas dari Polresta Bengkulu berjalan lancar dan hikmat.

Acara silaturahimi di tempat objek wisata Tebing Suban dengan acara ramah tamah di lanjutkan dengan makan siang bersama diakhiri doa yang dibaca lansung Ustat Afryandi, S. Pd. Usai makan makan siang bersama rombongan melakukan wisata mandi bersama di kolam Suban Air Panas.

Walaupun dalam suasana hujan deras ibu-bapak dan anak terlihat sangan atusias menikmati acara HUT yang ke 35 tahun. Sebagai organisasi masyarakat IKABAS dalam usia tak muda lagi, sehingga keakraban sesama orang rantau, organisasi ini mengembangkan sayab di Kota Argamakmur Bengkulu Utara.

“Kini sedang membangun tempat ibadah, mudah-mudahan kedepan di Kota Curup juga mengikuti apa yang di lakukan Ikabas Bengkulu Utara,” kata ninik mamak tertua di Ikabas Kota Bengkulu itu.

Perayaan Hut ke 35 Ikabas tiga rangkaian pertama mengadakan Juma’at berkah dengan membagikan nasi kotak di mesjid Ajamaturahman enam setengah, hiburan semalam suntuk yang dihibur orgen Putra Bayang lapang tanah IKPS (Ikatakan Keluarga Pesisir Selatan) dan acara puncak kunjungan ke Rejang Lebong.

“Kegiatan positif yang Ikabas kabupaten Bengkulu Utara juga menjadi motivasi masyarakat Bayang di Kota Curup,” ujar M. Saris Zen berharap.

H. M. Saris Zen, Amir syarif, dan Syafrial. Dok

“Karena menurut pepatah di mana bumi dipijakdi situ langit dijunjung yang artinya keberadaan orang Minang khusus orang Bayang akan menjalin hubungan baik dengan masyarakat setempat serta menjadi duta kelestarian budaya daerah yang di warisi nenek moyang kita,” kata M. Saris Zen yang juga mantan pegawai pos itu.

(Amir Syarif)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

22,764FansSuka
3,129PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Posts