spot_imgspot_img

CERMATI VISI CERMATI MISI PASLON PILKADA 9 DESEMBER 2020

Catatan Ringan Kusri Irianto

HANYA beberapa hari lagi 9 Desember 2020 adalah hari “H” Pemungutan Suara Pesta Demokrasi “PILKADA”.
Masing-masing Paslon Gubernur maupun Paslon Bupati telah menyampaikan Visi-Misinya ke khalayak ramai.

Seperti kita ketahui seiring  dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan seterusnya pemilihan kepala daerah di pilih langsung secara langsung oleh rakyat
Artinya rakyatlah yang menentukan siapa kepala daerah yang layak untuk di pilih dan terpilih, baik untuk memimpin provinsi yakni Gubernur  maupun untuk kabupaten yaitu Bupati/Walikota.

Sesungguhnya berkaca dari Pilkada-Pilkada yang lalu. Visi – Misi ini belum sepenuhnya menjadi tolok ukur bahwa apabila Paslon yang terpilih nantinya akan menerapkan sepenuhnya.

Apalagi misinya memang tidak jalan bagaimana visinya ingin terwujud
Untuk terwujudnya visi atau tujuan yang ingin dicapai tidak terlepas dari misi atau langkah atau penjabaran yang ingin dilakukan.

Kita lihat banyak contoh di berbagai daerah, ada saja bangunan yang telah dibangun, akan tetapi terlantar. Terlantarnya bangunan ini bisa diakibatkan kurangnya berjalan misi dalam hal survey detail, perencanaan, pelaksanaan dan koordinasi antar dinas-instansi terkait.

Sering penulis temui, sebuah gedung dibangun sebagus semegah mungkin. Tetapi ketika kita pergi ke toilet bangunan tersebut. Airnya tidak ada mengalir,  kalau pun ada kecil mengalirnya. Ini artinya visinya jalan misinya yang tidak jalan. Ini hanya contoh kecil saja.
Masih banyak contoh-contoh yang serupa yang kita temui hampir di setiap daerah.

Pilkada tahun 2020 ini hanya hitungan hari saja, maka ada harapan kepada rakyat pemilih. Jangan asal pilih, apalagi hanya berdasarkan primordialisme belaka.

Salah pilih lima tahun bahkan mungkin lebih daerah kita ini pembangunannya hanya berjalan ditempat.

Pilihlah secara cerdas dan gunakan hati nurani. Saatnya rakyat menentukan pilihan, gunakanlah Surat Suara secara tepat pada hari “H” Pemungutan Suara di TPS masing-masing pada 9 Desember 2020.

Akhir kata, Selamat berpesta demokrasi “PILKADA” secara damai.

Curup, 2 Desember 2020

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

0FansSuka
2,887PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Posts