spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dengan Kadarkum, Menciptakan Masyarakat Aman Dan Tertib

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Laporan: Iskandar (BEO.co.id).

CURUP, BEO.CO.ID – Dengan penyuluhan Kesadaran Hukum (Kadarkum), yang dilaksanakan di Desa Lubuk Ubar, Kecamatan Curup Selatan, Kabupaten Rejang Lebong, Propinsi Bengkulu, 20 Juni 2023, dari pukul 08.00 WIB sampai selesai, lebih kurng 30 orang peserta,  ‘’dengan harapan tumbuhnya kesadaran masyarakat, petingnya kesadaran hukum (Kadar Hukum), guna menciptakan rasa aman, nyaman dan tertib ditengah masyarakat Lubuk Ubar dan sekitarnya.’’ Kata Asim, Kades Lubuk Ubar, saat dihubungi Wartawan BEO.co.id, 20 Juni 2023 lalu.

Singgih Wirastho, SH Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Curup Kota, dihubungi dikediamanya Kelurahan Air Putih Baru Curup Selatan Minggu, 25 Juni 2023, mengatakan ‘’ kita sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan “Pelatihan Sadar Hukum” yang telah di laksanakan, diDesa Lubuk Ubar.

Singgih, juga menjelaskan bahwa ada nara sumber lain seperti dari Kejaksaan, Inspektorat, dan Kodim 0905 Rejang Lebong, ini semakin memperkaya ilmu, guna memantapkan Kesadaran Hukum (Kadarkum) masyarakat, ujarnya.

Keempat nara sumber itu, dibenarkan Asim Kades Lubuk Ubar, yang diundangnya, Polsek Kota Curup, Kejaksaan, Inspektorat dan dari Kodim Rejang Lebong, jelas Asim, pada bagian lain keterangannya.

Asim, menjelaskan lebih rinci,alam rangka kegiatan Pelatihan “Sadar Hukum” Pelatihan tersebut mengambil tema ” Dengan Sosialisasi Penyuluhan Kesadaran Hukum Bagi Masyarakat Menjadikan Keamanan dan Ketertiban di Masyarakat,’’

Pserta pelatihan terdiri dari beberapa perwakilan masyarakat, di antaranya Perangkat Desa Lubuk Ubar. Anggota BMA (Badan Musyawarah Adat) Lubuk Ubat, Anggota BPD (Badan Permusyawaratan Desa), lubuk Ubar. Dan anggota Karang Taruna, serta beberapa Tokoh Masyarakat, Bintara Pembina Desa (Babinsa) & Babinkamtibmas, (Bidang Bimbingan Ketertiban dan Keamanan Masyarakat).

Para nara sumber telah menyajikan materi yang mereka siapkan, dari Kejaksaan Negeri Rejang Lebong, ‘’Meningkatkan Kesadaran Hukum di Masyarakat, sesuai dengan UU yang berlaku di wakili Dafid Joni SH.

Selanjutnya Nara Sumber dari Inspektorat di sampaikan oleh Bapak M.Yunus MZ. Dengan mrteri, Penataan Perangkat Desa,Sesuai dengan Tupoksi dan Tupokja masing masing.

Di teruskan oleh Bapak Tonny AN, mewakili Nara Sumber dari Kodim Rejang Lebong, Koramil 0905 Curup, dengan materi, Menjaga Kelangsungan Bangsa dan Negara kita dari serangan-serangan dari luar, seperti melalui Sosbud (Sosial dan Budaya).

Yang terakhir nara Sumber dari Kapolsek Curup Kota, yang di sampaikan Singgih Wirastho SH. dengan materi, Hati Hati Dengan  Medsos dan berita Hoax (bohong).

Di sisi lain Wartawan BEO. CO.ID  meng kompirmasi kepada Kepala Desa Lubuk Ubar., Asim, terkait anggaran yang di gunakan dalam kegiatan pelatihan” Sadar Hukum”  Asim menyarankan hubungi ‘’bu Ice, selaku PPTKnya?.

Ice, dihubungi terpisah mengatakan dana yang dianggarkan Rp.10. 313, 500,- (sepulkuh juta tiga ratus tiga belas ribu lima ratus rupiah), tuturnya.

Dari pengamatan Wartawan BEO.co.id, peaksanaan Pelatihan Kesadaran Hukum (Kadarkum) masyarakat Desa Lubuk Ubar, berjalan cukup baik dan lancer. Dan kepada seluruh perserta diharapkan menyampaikan dan mengembangkan hasil yang mereka peroleh dari empat nara sumber, disampaikan pada keluarga, tetangga dan lingkungan masing-masing.

Sehingga Kadarkum yang dilaksanakan itu, memberikan azasmanfaat pada masyarakat, minimal memperkecil pelanggaran terhadap hukum di Desa Lubuk Ubar dan sekitarnya?.

Kendati dengan dana kecil, acara bisa berlangsung dengan baik dan selesai sesuai rencana semula, semoga memberikan yang terbaik untuk semuanya. (***).

Penulis/ Editor : Gafar Uyub Depati Intan.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Headlines

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Posts

https://situs-toto.togel.togetherband.org