31.9 C
Jakarta
Senin, April 12, 2021
spot_img

Latest Posts

Benarkah Manusia Harimau Ada di Dunia Nyata?

Ditulis oleh Ganjar Maulana – Diperbaharui 26 September 2020

Setelah beberapa bulan yang lalu kita digegerkan oleh sinetron Ganteng-Ganteng Serigala yang dikritik oleh banyak pihak sebagai jiplakan dari film Twilight, kini muncul lagi sinetron serupa dengan judul Manusia Serigala yang tayang di MNC TV. Sinetron ini ditengarai sebagai saingan dari sinetron GGS tersebut.

Jika GGS saja jiplakan, lantas istilah apa yang pantas untuk menyebut sinetron Manusia Harimau ini? Ah, sudah lupakan sementara permasalahan jiplak-menjiplak sinetron tersebut karena kali ini saya hanya akan membahas mengenai manusia harimau yang konon katanya memang benar-benar ada di dunia nyata.

Karakteristik Gaib Harimau

Di Indonesia harimau banyak diidentikan dengan hal-hal yang berbau gaib. Salah satunya adalah ilmu silat harimau yang melibatkan ‘harimau gaib’ dalam ritualnya. Selain itu, berbagai organ tubuh harimau juga banyak diburu karena memiliki kekuatan gaib yang tinggi seperti taring atau tulang singkalnya.

Seperti diulas oleh rwabhineda.com, terdapat seekor harimau yang memiliki kekuatan gaib tinggi yang disebut ‘Harimau Raden’. Harimau tersebut merupakan raja dari segala harimau. Ia tidak perlu berburu untuk mendapatkan makanan karena biasanya makanan tersebut sudah tersedia di hadapannya.

Harimau raden ini memiliki organ tubuh yang disebut tulang singkal atau orang sunda menyebutnya sebagai ‘sima’. Tulang singkal merupakan tulang yang tumbuh bukan pada tempatnya. Tulang ini biasanya tumbuh di kepala dan menembus daging. Tulang singkal memiliki ukuran sebesar lidi dengan panjang sekitar 10 hingga 15 cm.

Tulang singkal ini sangatlah langka dan memiliki kekuatan gaib yang sangat besar. Konon katanya tulang ini dapat memberikan kekuatan setara dengan seribu kuda mengamuk. Semakin marah orang yang memilikinya maka semakin besar pula kekuatannya hingga bisa membuat orang yang dipukulnya mati.

Selain tulang singkal, masih banyak organ tubuh harimau lain yang dipercaya memiliki kekuatan gaib seperti gigi taring dan lainnya. Dengan berbagai karakteristik tersebut wajar rasanya jika harimau merupakan binatang yang paling ‘dihormati’ dalam urusan dunia gaib di Indonesia.

Sinetron Manusia Harimau di MNC TV

Mari break sejenak dan kembali membahas sinetron Manusia Harimau yang ditayangkan oleh MNC TV. Dalam sinetron buatan MD entertainment itu dikisahkan seorang siswa SMA bernama Arga (diperankan oleh Randy Pangalila) memiliki keturunan manusia harimau sehingga ia bisa berubah menjadi harimau ketika marah.

Agar bisa meredam emosinya, Arga selalu diingatkan oleh Bembi (Ryan Wijaya) untuk mengingat wanita yang dicintainya yakni Citra (Vebby Palwinta). Sayangnya, hubungan cinta antara Arga dan Citra juga dinaungi oleh kutukan karena jika sesama keturunan harimau saling mencintai maka salah satunya akan mati.

Selain masalah kisah cintanya tersebut, Arga juga harus menghadapi permusuhan dengan Bara (Kevin Kambey), Reno (Elscant), dan Bombom (Indra Kharisma). Ketiganya merupakan keturunan manusia singa yang semenjak nenek moyangnya menaruh dendam untuk memusnahkan manusia harimau.

Cukup sekian pembahasan mengenai sinetron manusia harimau karena saya sendiri bukan pecinta sinetron. Jika dilihat dari sinopsis di atas, rasanya kisah manusia harimau tersebut murni karangan dan tidak mengambil aspek gaib tentang harimau yang banyak tersebar di Indonesia. Salah satu kisah manusia harimau yang paling terkenal di Indonesia adalah kisah Cindaku dari Kerinci.

Cindaku, Manusia Harimau Asal Kerinci

Di daerah pegunungan Kerinci, Jambi, Sumatera terdapat kepercayaan jika beberapa orang di daerahnya bisa berubah menjadi harimau atau disebut Cindaku. Kepercayaan ini berawal dari kisah nenek moyang mereka yang memiliki hubungan dan perjanjian dengan bangsa harimau.

Dikutip dari indospiritual.com, dalam perjanjian tersebut mereka membuat batas wilayah kekuasaan masing-masing. Harimau memiliki wilayah kekuasaan di hutan rimba sedangkan manusia di desa dan perkotaan. Keduanya harus menghormati perjanjian tersebut dan tidak boleh merampas hak kedua belah pihak.

Sumber : https://bacaterus.com/manusia-harimau/

Latest Posts

Don't Miss