spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Syamsu Arifin : Kedepan Bupati Kerinci, Orang Dari Hilir ?

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KERINCI, BEO.CO.ID – Syamsu Arifin Depati Intan Muaro Masumai, salah satu tokoh masyarakat dari Tigo Luhah Tanah Sikudung, (Siulak), Kerinci Jambi, menyampai dan menegaskan via sambungan telephonenya jarak jauh, sekitar pukul 22: 30 WIB rabu malam Kamis, 27 April 2022, langsung kepada Pempred BEO.co.id, mengatakan untuk kedepannya masyarakat berharap orang dari Kerinci Hilir jadi Bupati Kerinci, bagaimana pula gendang dan tarinya dalam membangun Kerinci, apakah rangguk (Seni) lebih baik dari yang sebelumnya? Tegas mantan Wakil Ketua DPRD Kerinci ini dalam penjelasannya.

BACA JUGA : DAMAI DIHATI, DAMAI DIBUMI

Sudah berjalan dua periode Bupati Kerinci, berasal dari putra terbaik ‘’ Tigo Luhah Tanah Sikudung ‘’ (Siulak), Murasman dan Adirozal, secara demokrasi sah-sah saja, karena dipilih rakyat (masyarakat) Kerinci, jadi bupati/ pemimpin Kerinci.

Dimasa Murasman 2009-2014, sudah kita rasakan hasil-hasil dan karyanya dalam membangun Kerinci, seperti pengadaan ibu kota/pusat pemerintahan Kerinci di Bukit Tengah, lalu Adirozal 2014-2019 dan 2019-2024 (sekarang), sudah berjalan delapan tahun dianggap masyarakat ‘’gagal’’ membangun Kerinci, tegas Syamsu Arifin, buktinya berulang kali didemo mahasiswa dan masyarakat Kerinci, bahkan tiga pekan terakhir adik-adik mahasiswa meminta Bupati Adirozal, secara terhormat mundur dari jabatannya, karena dinilai tidak menuntaskan pembangunan Kerinci Lebih Baik Berkeadilan (KLB-Berkeadilan), yang dicanangkan dalam ‘’Visi dan misi’’ KLB Berkeadilan, papar Syamsu Arifin.

Kini dengan sisa lebih kurang dua tahun lagi masa jabatan Adirozal, ditengah memasuki tahun politik diprediksi lanjut Syamsu Arifin tidak akan mampu menyelesaikan 10 program unggulannya membangun Kerinci, yang dijanjikannya.

BACA JUGA : Dua Belas Dugaan Modus Korupsi DD & ADD Kades Di Kabupaten Kerinci

Terutama sektor pendukung utama percepatan perekonomian masyarakat Kerinci berupa Infrastruktur, Jalan Kabupaten, Jalan Desa dan Jalan Keladang peningkatan dan pemeliharaannya. Berikutnya Peningkatan dan pemeliharaan jaringan Daerah Irigasi (D.I.). Keduanya sangat strategis (Vital) bagi peningkatan kesejahteraan masyarkat.

Dan berikut pembangunan bidang Kesehatan, walau sedang dilakukan pembangunan fisik dua RS (Rumah Sakit), dan kelengkapan, serta SDMnya, selain belum selesai hingga hari ini. Masyarakat masih banyak yang berobat keluar daerah, karena ketidaksiapan RS di Kerinci.

Sama kita ketahui masyarakat Kerinci sudah puluhan tahun memilih berobat ke Prov. Sumatera Barat, karena minimnya sarana pelayanan Kesehatan, dan layanannya belum membaik.

Dengan ekonomi biaya tinggi masyarakat Kerinci, terpaksa memilih berobat ke Kota Padang dan Bukit Tinggi jelas Syamsu Arifin, pada redaksi media ini.

BACA JUGA : Disebut “Uang Haram,” DPRD Tidak Tahu Rp. 50 Miliar APBD Lebong di Deposito

Memasuki tahun politik, kesibukkan para politisi, masyarakat menjelang hari ‘’h’’ pilkada serentak 2024 mendatang, dan kini sudah memasuki tahun politik, saya melihat secara demokrasi sebaiknya para tokoh masyarakat dari Kerinci Hilir menjadi Bupati Kerinci, kedepannya.

Soalnya, para tokoh terbaik dari Tiga Luhah Tanah Sikudung (Siulak), sudah 13 tahun terakhir satu periode ditangan Murasman dan dua periode dimasa Adirozal (sekarang), tak jauh mengubah apa lagi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kerinci disegala sektor pembangunan, jelas Syamsu.

Dan kehebatan para tokoh masyrakat Tigo Luhah Tanah Sikudung (Siulak), dalam tahun berbeda sudah tiga orang tokoh menjadi Bupati Kerinci, pertama Muhammad Awal era tahun 80-an, Murasman dan Adirozal. Hanya alm mantan Bupati Kerinci Muhammad Awal dinilai masyarakat Kerinci, mampu membangun Kerinci dieranya dan mampu berkomunikasi lebih baik dengan masyarakat Kerinci.

Sementara dua periode, (Murasman dan Adirozal), hanya mampu meraih kemenangan dan menjadi pemimpin/ bupati, bukan mampu membangun Kerinci, ujarnya.

BACA JUGA : “Jalankan Mandat Leluhur,” AMAN Luncurkan Skula Adat di Tanah Rejang

Maka syarakat berharap ada perubahan sosok asal pemimpin Kerinci kedepan dari Kerinci Hilir dan Tengah. Dan saya tegaskan masyarakat Kerinci Hilir ada 6 kecamatan dan tengah 4 kecamatan, hulu 6 kecamatan, harus merapatkan barisan melahirkan Bupati Kerinci dari Kerinci Hilir.

Khususnya masyarakat Kerinci Hilir dan Tengah, harus memilih Bupati asal Hilir, karena pemekaran Kerinci Hilir jadi Kabupaten ‘’gagal’’ ditangan Adirozal. Jika Kerinci Hilir, mampu dimekarkan menjadi kabupaten depitif, Kerinci menjadi daerah terkaya diprov Jambi, tegas Syamsu Arifin.

Alasannya jelas, pertama kaya dengan endapan perut buminya Berupa Batu Bara, PLTA, Gas, Nikel, Uranium, dan kekayaan bumi yang besar seperti Cassiavera (kayumanis) terbesar dan kesuburan alamnya, sebagai sumber Kopi juga terbesar diprov. Jambi.

Makanya untuk mengelola potensi besar itu, masyarakat Kerinci Hilir harus melahirkan kesepakatan politik melahirkan pemimpin Kerinci dari sosok daerah yang berbeda, jika tadinya Hulu-hulu, hulu, kini harus dari Hilir atau Tengah.

Dan jangan mengabaikan kekuatan politik Kerinci Hulu, yang terdiri dari enam kecamatan itu, ternyata berturut-turut untuk 15 tahun atau tiga periode berada di Kerinci Hulu, berarti hulu lebih mampu dan kompak. Tapi kini kita coba dari sosok daerah berbeda, tandas Syamsu Arifin, yang dikenal masyrakat sosok politisi paling senior di Kerinci. Bukan berarti, tigo luhah tanah sikudung, tidak mampu ujarnya.

Tokoh dari Kerinci Hilir yang layak diusulkan masyarkatnya, H. Tafiani Kasim, dan wakilnya saya kira dari tigo luhah tanah sikudung, yakni Calon Doktor Hukum, Hasan Basri, SH. MH, asal Desa Sungai Batu Gantih, Kecamatan Gunung Kerinci, yang sudah banyak pengalaman berkecimpung dimiliter dan sebagai pengacara dan penesehat Hukum di Jakarta, tegas Syamsu Arifin. Jika terjadi duet pasangan ini, tegas Syasu Arifin, kita yakin siapapun mitra tandingan memang seru, ramalan Syamsu.

BACA JUGA : Ssttt …!!! Rp. 50 Miliar Duit  APBD Lebong di Deposito

Hal senada, disampaikan Thison, dari Koto Beringi 28 April 2022 sekitar pukul 12: 15 WIB (Kamis), mengatakan kami mau menjadikan orang Kerinci Hilir, jadi bupati kali ini, ujarnya.

Kesiapan ini tidak main-main, sekitar 100 orang mantan tim sukses Adirozal akan bergabung membangun kekuatan, kita coba dulu sosok bupati Kerinci kedepan dari Kerinci Hilir, ujarnya singkat.

Laporan/ Penulis :  (Gafar Uyub Depati Intan).

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Artikulli paraprak
Artikulli tjetër

Headlines

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Posts

https://situs-toto.togel.togetherband.org